Mengidap Beragam Penyakit, Mbah Moen Biasa Konsumsi Obat Sejak Kecil

Arif Syaefudin - detikNews
Rabu, 07 Agu 2019 10:25 WIB
KH Majid Kamil MZ (Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang - Salah satu putra KH Maimun Zubair, Majid Kamil MZ, bercerita bahwa ayahnya mengidap beragam jenis penyakit semenjak kecil. Minum obat baginya sudah rutin dilakukan.

Gus Kamil menyebut, selama ini pula Mbah Moen selalu meminum obat yang didapatkannya dari resep dokter. Dia mengibaratkan Mbah Moen meminum obat sudah seperti makan nasi, yang dilakukan setiap hari sejak kecil.

"Ya memang (meninggalnya) karena sudah sepuh itu. Kalau Mbah Moen sakit, itu sudah sejak kecil. Mulai gula dan lain sebagainya. Obat itu diminum bukan untuk menyembuhkan, tapi lebih seperti orang memakan nasi," kata Gus Kamil, Rabu (7/8/2019).


Menurutnya, Mbah Moen meminum obat selama ini bukan dalam rangka agar tubuhnya kembali sehat, tapi sudah menjadi semacam kebiasaan. Namun, sampai akhir hayat, Mbah Moen justru terlihat sehat, bahkan suaranya masih lantang ketika memimpin doa ataupun salat.

"Jadi kenyang ya itu. Abah itu sepertinya memang tidak ada niat untuk meminum obat sebanyak itu untuk sembuh. Tapi sampai sekarang sepuh itu, penyakitnya sudah ada semuanya itu," terangnya.


KH Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen wafat kemarin di Mekah. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman Al-Ma'la, Mekah. Suasana haru masih menyelimuti kawasan Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, hingga saat ini.

Beberapa putra Mbah Moen hari ini akan bertolak dari Indonesia ke Arab. Salah satunya untuk mendampingi sang ibunda agar tetap tabah dan dapat melanjutkan prosesi ibadah haji di Tanah Suci.


Mbah Moen Tutup Usia di Mekah:

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)