Lima Siswa SMKN di Brebes Jadi Korban Kapal Tenggelam

Lima Siswa SMKN di Brebes Jadi Korban Kapal Tenggelam

Imam Suripto - detikNews
Sabtu, 03 Agu 2019 17:40 WIB
Foto: Imam Suripto/detikcom
Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Lima siswa SMK Negeri Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah dikabarkan ikut menjadi korban kapal tenggelam di perairan Selat Makassar. Keluarga masih berharap, para siswa ini bisa ditemukan dalam keadaan selamat.

Ke lima siswa itu adalah Hikmal Ramadhan, Febriantara Alan, Muhamad Samlawi, Kastari dan Priyanto. Mereka adalah kelas XI jurusan Industri Perkapalam.

Kepala SMK Negeri Bulakamba Brebes, Slamet Riyadi membenarkan siswanya ikut dalam kecelakaan kapal Pieces tersebut. Dihubungi Sabtu (3/8/2019) siang, Slamet Riyadi menjelaskan, mereka ikut kapal Pieces asal Pekalongan dalam rangka kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Lima siswa itu rencananya diikutkan kapal tersebut selama lima bulan. Mereka akan melakukan praktek langsung menangkap ikan di laut.

"Di sana praktek langsung menangkap ikan. Namun belum lama berlayar dikabarkan tenggelam," ujarnya.

Dijelaskan pula, Kapal Pieces ini berangkat berlayar pada 22 Juli lalu dari Pekalongan. Kapal ini dilaporkan tenggelam di Perairan Matiri, Kotabaru, Kalimantan Selatan pada 26 Juli lalu. Kapal ini membawa 37 penumpang termasuk lima siswa SMK asal Brebes.

Keluarga salah satu siswa SMK yang ikut tenggelam masih shok atas kejadian ini. Saat ditemui di Desa Sigambir Brebes, Cucun Sundari, ibu dari Hikmal tampak masih shok atas musibah ini. Dia berharap, anaknya bisa ditemukan dalam kondisi selamat. Hikmal adalah anak pertama dari pasangan Sofwandi dan Cucun Sundari.

Hikmal meninggalkan rumah pada 21 Juli lalu dan mulai berlayar pada 22 Juli. Sehari setelah berangkat melaut, Cucun masih melalukan kontak melalui video call dengan anaknya ini.

"Sebelum berangkat ngomong tidak akan membawa hp miliknya. Dia bawa hp satunya yang jarang dipakai. Dia bilang akan kembali lagi," ujar Cucun.

Cucun berharap, anaknya ini bisa kembali dengan selamat dan bisa berkumpul dengan keluarga.




Tonton Video KM Arim Jaya Tenggalam di Sumenep, 17 Penumpang Ditemukan Tewas:

[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgs)