detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 13:49 WIB

Ketua KPK Harap Komisioner yang Daftar Capim Terpilih Lagi

Usman Hadi - detikNews
Ketua KPK Harap Komisioner yang Daftar Capim Terpilih Lagi Agus Rahardjo. Foto: Ari Saputra
Yogyakarta - Tiga komisioner KPK periode 2015-2019 yakni Alexander Marwata, Basaria Pandjaitan dan Laode M Syarif kembali mendaftar calon pimpinan (capim) KPK. Ketua KPK, Agus Raharjo, berharap salah satu dari ketiganya dapat dipilih lagi.

"Kan pimpinan (komisioner KPK) yang sekarang ada tiga yang daftar (capim). Untuk kesinambungan satu orang atau dua orang masuk mungkin ya lebih baik," kata Agus kepada wartawan di Kantor Gubernur DIY, Selasa (17/7/2019).

Menurutnya, jika salah satu komisioner KPK terpilih kembali maka akan ada jaminan keberlanjutan program-program yang kini sudah berjalan. Pimpinan KPK periode berikutnya juga tidak akan berjalan dari awal.


"Karena (komisioner KPK yang mendaftar lagi) tahu program-program kita sebelumnya. Jadi nggak belajar dari awal. Jadi beliau bisa menjelaskan ke teman-temannya (di pimpinan KPK periode mendatang)," tuturnya.

Meski demikian, Agus menyadari penentu lolos tidaknya capim terpilih merupakan hak prerogatif panitia seleksi (pansel) capim KPK, Presiden Joko Widodo dan kalangan legislatif di DPR RI.


"Saya hanya memberikan saran ada baiknya untuk kesinambungan, ada itu bisa satu, bisa dua. Terserahlah, tapi itu sekali lagi kita kalau di luar hanya saran saja. Tapi sepenuhnya (penentu capim terpilih) haknya pansel," pungkas Agus.

Simak Video "ICW: Publik Belum Puas dengan KPK Pimpinan Agus Rahardjo"
[Gambas:Video 20detik]

(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed