Biar Cepat Tertangkap, Warga Persempit Gerak Babi Hutan

Arbi Anugrah - detikNews
Rabu, 03 Jul 2019 16:52 WIB
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Banyumas - Perburuan terhadap babi hutan yang menyerang warga Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas hingga menyebabkan satu orang meninggal dunia dibagi menjadi tiga sektor. Pembagian sektor tersebut untuk mempersempit pergerakan babi hutan.

"Sejak pagi hari tadi kita melakukan perburuan bersama Perbakin, Tagana, Polhut, Pramuka peduli dan masyarakat ini kita bagi menjadi tiga sektor," kata Koordinator Tagana Banyumas, Ady Chandra kepada wartawan di titik kumpul lokasi perburuan kompleks Curug Gomblang, Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Rabu (3/7/2019).

Menurut dia pembagian tiga sektor tersebut diantaranya pada sektor satu menuju arah Curug Gomblang, sektor dua ada di Gunung Malang, dan sektor tiga ada di Cendana. Pembagian sektor tersebut untuk menggiring babi hutan agar turun ke wilayah Batu Bedil.

"Jadi kita ada sekitar 30 orang berupaya menggiring agar babi hutan ini turun ke wilayah Batu Bedil," ujarnya.

Dia menjelaskan berdasarkan informasi, biasanya di wilayah Batu Bedil merupakan wilayah yang biasa digunakan oleh babi hutan untuk melintas.
Biar Cepat Tertangkap, Warga Persempit Gerak Babi HutanFoto: Arbi Anungrah/detikcom

"Karena biasanya di lokasi Batu Bedil ini biasa untuk lalu lalang babi hutan, menurut pengalaman Perbakin. Maka kita coba giring namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda. Namun ada beberapa jejak-jejak kaki tapak babi hutan (dilokasi tersebut)," ucapnya.

Dia mengatakan sebenarnya korban serangan terhadap babi hutan yang tengah di buru tersebut bukan lagi berjumlah empat orang, namun berjumlah lima orang.K arena sebelum menyerang empat orang di Grumbul Peninis, Desa Windujaya, babi hutan tersebut sudah terlebih dahulu menyerang satu warga lainnya di desa tersebut.

"Sebelum menyerang empat orang, terlebih dahulu menyerang Waisah (65), warga Desa Windujaya," ucapnya.

Dia mengatakan Waisah saat itu sedang berada di sawah tiba-tiba datang babi hutan dan menabrak korban. Korban yang panik kemudian berteriak meminta pertolongan warga.

"Waisah hanya mengalami luka ringan, setelah menabrak, babi hutan langsung lari ke arah timur. Warga yang mendengar teriakan korban berupaya mengejar babi tersebut," ujarnya.

Selanjutnya babi menyerang Maksum (65) yang sedang mencari rumput. Babi hutan kemudian menyerang Warsinah (70) yang sedang mencari daun cengkih yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi Maksum.


Simak Video "Berfoto Dengan Latar Belakang Bunga Sakura, Banyumas Jawa Tengah"
[Gambas:Video 20detik]
(arb/bgs)