detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 13:58 WIB

Viral Siswa SDN Wajib Berbaju Muslim, Disdikpora DIY: Kepseknya Salah

Usman Hadi - detikNews
Viral Siswa SDN Wajib Berbaju Muslim, Disdikpora DIY: Kepseknya Salah Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji, angkat bicara mengenai viralnya surat edaran SDN Karangtengah III Gunungkidul yang mewajibkan siswa barunya berbaju muslim. Aji menegaskan aturan tersebut salah.

"Itu kepala sekolahnya salah bikin (aturan) begitu," kata Aji saat dihubungi wartawan, Selasa (25/6/2019).

Aji langsung menghubungi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul begitu mendengar viralnya aturan SDN Karangtengah III. Dalam komunikasi tersebut pihakDisdikpora Gunungkidul berkomitmen untuk menyelesaikan kasusnya.


"Sudah ditindaklanjuti oleh Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul supaya diralat itu (surat edaran yang viral), supaya dibetulkan, gitu aja," ungkapnya.

Sementara disinggung mengenai sanksi yang akan dijatuhkan kepada Kepala SDN Karangtengah III, Aji memilih bungkam. Ia beralasan tak berwenang berbicara sanksi terhadap SDN.

"Soal sanksi itu urusannya... Karena SD ya (wewenangnya) dengan Pak Kepala Dinas (Pendidikan) Gunungkidul," pungkas dia.

Diberitakan sebelumnya, surat edaran SDN Karangtengah III Gunungkidul yang mewajibkan siswa barunya berbaju muslim viral di media sosial. Karena menuai kontroversi, akhirnya surat tersebut direvisi pihak sekolah.


Meski demikian, pihak terkait seperti ORI Perwakilan DIY akan tetap mendalami ada tidaknya maladministrasi di dalam aturan revisi tersebut. Kini pihak ORI masih mengumpulkan data-data terkait.

"Saya sudah dapat copy surat revisinya. Cuma kan isinya tetap akan kita cermati. Karena isinya itu kan masih dianjurkan bahasanya. Dianjurkan ini kalau dalam sisi diksi itu masih mengandung norma," jelas Kepala ORI DIY, Budhi Masthuri.


Ortu & Calon Siswa Serbu Sekolah Gegara Isu 'Siapa Cepat Dia Dapat':

[Gambas:Video 20detik]


(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed