DetikNews
Kamis 13 Juni 2019, 15:25 WIB

Polda DIY: Akan Ada Nobar Sidang Sengketa Pilpres 2019 di UGM

Ristu Hanafi - detikNews
Polda DIY: Akan Ada Nobar Sidang Sengketa Pilpres 2019 di UGM Danrem 027 Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni dan Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menggelar sidang perdana sengketa Pilpres 2019, besok. Polda DIY melakukan langkah-langkah antisipasi jika ada pengerahan massa dari Yogyakarta ke Jakarta.

"Kita sudah mengimbau dari sekarang, tidak ada indikasi untuk arah ke sana dari Yogyakarta," kata Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri kepada wartawan di Mapolda DIY, Kamis (13/6/2019).

Diungkapkannya, ada rencana akan digelar nonton bareng atau video conference sidang sengketa Pilpres. Lokasi yang dipilih adalah kompleks Universitas Gadjah Mada (UGM). Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan UGM untuk pengamanan.

"Direncanakan ada tempat yang akan digunakan untuk video conference, direncanakan kemarin di UGM. Kita koordinasi dengan pihak UGM kalau jadi dilaksanakan, prinsipnya kita akan siap mengamankan," jelasnya.


Sedangkan untuk jumlah personel pengamanan nantinya menyesuaikan kondisi di lapangan. Dofiri menyebut potensi kerawanan jika ada pihak yang merasa tidak puas dengan hasil sidang MK.

"Potensi kerawanan pengerahan massa, tapi sudah ada imbauan tidak pengerahan massa. Yogya ketika demo 21-22 Mei kondusif, tidak terlalu signifikan yang datang (ke Jakarta), hanya beberapa saja," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Danrem 027 Pamungkas Yogyakarta, Brigjen TNI Muhammad Zamroni menegaskan jajarannya siap membantu kepolisian untuk menjaga situasi kamtibmas.

"Tetap, kita tetap back up, insyaallah Yogya tetap kondusif. TNI-Polri akan terus bersinergi," tandasnya.


Diwawancara terpisah, Kabag Humas dan Protokol UGM, Iva Aryani membenarkan rencana nobar tersebut. Awalnya direncanakan acara tersebut akan diadakan di kampus Fakultas Hukum UGM.

"Karena memang civitas akademika Fakultas Hukum selalu melihat dan mencermati bersama jalannya sidang-sidang di MK untuk alasan pembelajaran akademis," jelas Iva kepada detikcom.

Namun, Iva melanjutkan, saat ini ruangan di kampus Fakultas Hukum sedang direnovasi.

"Jadi belum bisa dipastikan akan diselenggarakan di mana," imbuhnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed