detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 13:43 WIB

Buya Syafii Ngobrol Sama Menhan Tak Singgung Politik

Ristu Hanafi - detikNews
Buya Syafii Ngobrol Sama Menhan Tak Singgung Politik Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu bertandang ke rumah mantan Ketum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif di Nogotirto, Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pertemuan keduanya berlangsung tertutup selama hampir 2 jam.

Buya Syafii memastikan perbincangannya tak menyinggung ranah politik praktis. Dia memilih menyampaikan kepada wartawan terkait sosok Ryamizard.

"Pertemuan sangat positif. Menhan ini memang tentara betul, dia tak mau ke politik (praktis), dia memang bela negara," kata Buya, kepada wartawan sesuai pertemuannya dengan Ryamizard, Selasa (11/6/2019).

"Walau teman seangkatannya (beraktivitas) macam-macam, dia tidak, dia real prajurit, pedoman bangsa dan negara yang diutamakan," lanjutnya.

Menurut Buya, sosok seperti Ryamizard sangat dibutuhkan bagi bangsa Indonesia.

"Penting orang seperti itu. Jangan dibawa negara ke politik, politik pragamtisme, merusak," ujar Buya yang kini menjabat anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Buya melanjutkan, dalam pertemuan sekitar 2 jam, juga membicarakan pengalaman Ryamizard mengatasi bentrok di Kamboja dan penanganan isu santet di Jawa Timur.

"Tadi saya usulkan buat memorial, meski dia nggak mau. Ditulis di buku apa yang dikerjakannya sebagai tentara negara, bukan tentara politik," imbuh Buya.



Tonton video Buya Syafii Ingin Mengembalikan Kiblat Bangsa"

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com