detikNews
Kamis 23 Mei 2019, 15:23 WIB

Warga Dusun di Gunungkidul Lokasi Sapi Kena Antraks Discreening

Usman Hadi - detikNews
Warga Dusun di Gunungkidul Lokasi Sapi Kena Antraks Discreening Ilustrasi (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Yogyakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY telah melakukan screening penduduk di Dusun Grogol IV, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Upaya preventif ini dilakukan menyusul lima sapi warga diduga terkena antraks.

"Hampir seluruh penduduk di dusun itu (Grogol IV) sudah dilakukan penyisiran, dilakukan screening," ujar Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Pembayun Setyaning Astuti, saat dihubungi wartawan, Kamis (23/5/2019).

Pembayun menjelaskan, pihaknya mulai melakukan screening sejak dua hari yang lalu. Screening tersebut dilakukan menyusul adanya laporan tiga sapi mati dan dua sapi milik warga Dusun Grogol IV mendadak lemas yang diduga karena terjangkit antraks.


Adapun pihak-pihak yang diperiksa di antaranya pemilik ternak, warga yang bersentuhan dengan sapi dan orang-orang yang sempat mengonsumsi daging sapi yang diduga terjangkit antraks di Dusun Grogol IV, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul.

"Pokoknya seluruh dusun itu sudah discreening oleh teman-teman Puskesmas," sebutnya.


"Jadi masyarakat yang diduga pernah bersentuhan dengan sapi itu tadi didatangi, kemudian dianalisa, ditanya apakah pernah merasa demam, merasa pegal, pusing dan sebagainya. Jadi teman-teman Puskesmas datangi penduduk," sambungnya.

Berdasarkan screening sementara yang dilakukan petugas Puskesmas, lanjut Pembayun, sementara tidak ada warga Grogol IV yang diduga terkontaminasi antraks. "(Warga) baik-baik saja, ternyata kan tidak banyak, suspect yang ada," tutupnya.
(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed