detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 14:11 WIB

Info Mudik 2019

Pelebaran Jalan di Jambu Semarang Setop Sementara Mulai H-10 Lebaran

Eko Susanto - detikNews
Pelebaran Jalan di Jambu Semarang Setop Sementara Mulai H-10 Lebaran Akhmad Cahyadi (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Temanggung - Proyek pelebaran jalan di kawasan Jambu, Kabupaten Semarang, akan dihentikan sementara pada H-10 hingga H+10. Penghentian sementara itu agar tidak mengganggu bagi pemudik yang melintas di jalur tersebut.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melakukan pelebaran jalan terutama di Tanjakan Kethekan, Jambu, Kabupaten Semarang. Pelebaran ini dilakukan di sisi kiri dari arah Bawen di sepanjang tanjakan tersebut. Selain itu, mendekati perbatasan dengan Temanggung, tepatnya di Gemawang juga dilakukan pelebaran di sisi kanan dari arah Bawen.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Semarang Direktorat Bina Marga, Akhmad Cahyadi, mengatakan jalan tersebut digunakan bukan hanya untuk arus mudik lebaran saja. Adapun untuk perbaikan jalan tersebut dilakukan secara terus-menerus.


"Jadi jalan ini, tidak hanya untuk lebaran saja. Jadi kita disuruh nggak disuruh, ada lebaran nggak ada Lebaran sebenarnya kita kerja terus," kata dia kepada wartawan di sela-sela peresmian Jembatan Kali Progo di Kranggan, Temanggung, Selasa (21/5/2019).

"Kontrak kita di awal tahun dan berakhir di akhir tahun nanti bulan Desember. Untuk pekerjaan-pekerjaan seperti pelebaran jalan seperti di Jambu, nanti kita hentikan sementara H-10, kemudian kita kerjakan lagi H+10. Kita setting sedemikian rupa, kita rencanakan sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan lalu lintas masyarakat kita," lanjutnya.

Penghentian sementara pelebaran jalan di Jambu tersebut agar tidak mengganggu pemudik dari Semarang menuju Bawen hingga Secang, Magelang, Yogya hingga Temanggung maupun sebaliknya. Galian tanah yang masih ada akan ditutupi dan dipasangi rambu-rambu.


"Kita usahakan sudah bisa ditutup galiannya juga nggak menganga, kemudian kita berikan rambu-rambu. Alat-alat berat yang ada disingkirkan. Pada waktu mudik lebaran ini H-10 sampai H+10 ini masyarakat bisa mempergunakan infrastruktur jalan kita dengan aman. Setelah H+10 kita lanjutkan lagi karena memang kontraknya belum selesai sampai akhir tahun 2019," tegasnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com