DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 15:24 WIB

Fadli Zon Sindir 'Kelompok Arisan' Bogor, Ganjar: Nyinyirisme

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Fadli Zon Sindir Kelompok Arisan Bogor, Ganjar: Nyinyirisme Ganjar Pranowo, mengenakan busana tradisional Jawa (Foto: Agung Pambudhy)
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku siap dicaci atau dipuji terkait pertemuan 8 kepala daerah dan tokoh agama hari Selasa (15/5) lalu. Ia pun menanggapi sindiran Fadli Zon yang menyarankan dibentuk kelompok arisan.

Ganjar mengatakan pertemuan itu diinisiasi untuk meredakan tensi politik tanah air yang semakin memanas menjelang pengumuman hasil akhir penghitungan suara 22 Mei mendatang. Meski beberapa kepala daerah berhalangan hadir namun tidak menyurutkan keakraban dan bahasan utama pertemuan tersebut.

"Ini bagian kegalauan, kegelisahan kita semua melihat kondisi politik mutakhir. Maka rasa-rasanya ini perlu hujan es yang harus dicurahkan," kata Ganjar di Puri Gedeh, Kamis (17/5/2019).


Pertemuan itu menurut Ganjar seperti halnya ketika ia bertemu Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sebelum pemilu untuk menyejukkan suasana.

"Sebelum kampanye ketemu Mas Anies (Baswedan) dan Mas (Ridwan) Kamil. 3 orang saja mencoba mengkomunikasikan nanti kampanye damai," tandasnya.

Terkait pertemuan yang disebut pertemuan 'the next leader' itu, Ganjar mengaku siap dipuji atau dicaci. Menurutnya budaya nyinyir selalu muncul sehingga apapun yang dilakukan terlihat salah.

"Kita sudah menghitung risiko pertemuan ini. Kita siap dipuji tapi juga siap dicaci. Nyinyirisme ini ideologi baru yang muncul ketika kontestasi-kontestasi tidak bisa diterima dengan lapang dada maka nyinyirisme ini selalu muncul. Apapun yang kita omongkan jadi persoalan," jelas Ganjar.

Untuk diketahui, Fadli Zon sempat menyindir pertemuan itu lewat akun twitternya. "Buat arisan aja sekalian," cuit Fadli di Twitter-nya dengan emoticon tersenyum.


Menanggapi itu Ganjar justru menganggap jika arisan bisa menyelesaikan masalah maka tidak ada salahnya.

"Terus ada yang bilang itu kelompok arisan, ya sudah kalau memang dengan arisan bisa menyelesaikan persoalan-persoalan ya sudah kita akan arisan saja. Pokoknya persoalan harus selesai dan harus ada yang menginisiasi. Bukan jadi kompor," pungkas Ganjar.


Bawaslu Tetapkan KPU Langgar Tata Cara Input Situng:

[Gambas:Video 20detik]


Fadli Zon Sindir 'Kelompok Arisan' Bogor, Ganjar: Nyinyirisme

(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed