DetikNews
Senin 15 April 2019, 22:18 WIB

Ratusan Kotak Suara di Boyolali Rusak Akibat Kehujanan

Ragil Ajiyanto - detikNews
Ratusan Kotak Suara di Boyolali Rusak Akibat Kehujanan Kotak suara Pemilu yang rusak di Boyolali. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali - Ratusan kotak suara dari tiga desa di Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jateng, rusak terkena hujan. Belum diketahui, apakah logistik surat suara maupun formulir di dalamnya juga ikut rusak.

"Ada tiga desa. Desa Trayu 33 yang rusak, Tanjung Sari 27, Dengungan 40 kotak suara " kata anggota Bawaslu Boyolali, Rubiyanto, dihubungi detikcom Senin (15/4/2019) malam.

Rubi menjelaskan kerusakan logistik Pemilu terjadi saat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banyudono mengirimkan logistik tersebut ke PPS-PPS di desa-desa sore tadi. Saat pengiriman itu terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah Banyudono dan sekitarnya.

"Kami sedang menginvestigasi, apakah pengiriman logistik sudah sesuai prosedur atau tidak," ujarnya.


Dari keterangan yang diperoleh sementara, lanjut dia, kotak suara saat diantar ke PPS menggunakan kendaraan truk itu juga sudah ditutup terpal. Namun entah bagaimana, air hujan ternyata masih bisa menembus. Apakah terpal tersebut sudah menutup rapat semua kotak suara atau tidak, pihaknya kini masih melakukan investigasi.

Tingkat kerusakan kotak suara tersebut, terang Rubi, berbeda-beda, namun rata-rata bagian bawahnya basah dan ada yang jebol. Pihaknya juga mengaku belum mengetahui kondisi logistik di dalam kotak suara, termasuk surat suara, apakah ikut rusak atau tidak.

"Ini baru mau dicek, namun untuk membuka kotak suara kan perlu dilakukan secara bersama-sama, baik KPU, Bawaslu bersama aparat keamanan serta saksi dari Parpol peserta pemilu," jelasnya.


Sementara itu Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin, dikonfirmasi mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Bawaslu dan parpol peserta Pemilu untuk menyaksikan yang akan dilakukan oleh KPU. Terutama untuk membuka kotak suara yang rusak tersebut guna mengetahui kondisi logistik di dalamnya.

"Koordinasi dengan Bawaslu dan parpol sehingga tidak ada kecurigaan dari peserta Pemilu. Kami akan transparan dalam penanganan ini. Logistik yang tidak bisa dipakai akan kita ganti," ujar Ali Fahrudin saat dihubungi.

Kerusakan kotak suara itu terjadi karena saat pengiriman dari PPK ke tiga PPS tersebut dalam perjalanan terjadi hujan deras disertai angin kencang. Dalam pengiriman itu juga sudah ditutup terpal dan bawahnya diberi alas.

"Ini saya menyebutnya musibah. (Saat pengiriman logistik ke PPS) terjadi hujan dan angin," katanya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed