DetikNews
Jumat 05 April 2019, 19:33 WIB

Warga Grobogan Temukan Stempel Emas Kuno Abad 14 M di Sawah

Akrom Hazami - detikNews
Warga Grobogan Temukan Stempel Emas Kuno Abad 14 M di Sawah Foto: Istimewa/detikcom
Grobogan - Benda diduga stempel kuno berbahan emas murni ditemukan di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Diperkirakan stempel emas kuno itu peninggalan abad 14-15 Masehi.

Temuan emas kuno sebesart 8 gram ini telah diamankan pemerintah desa setempat di Rumah Fosil Banjarejo bersama temuan lain yang lebih dulu.

Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik, Jumat (5/4/2019) kepada detikcom via telepon menjelaskan, benda yang ditemukan itu jenisnya stempel dari bahan emas murni.

"Betul, stempel. Bukan berlapis emas. Tapi murni emas," kata Taufik.

Menurutnya warga yang menemukan adalah Sutrisno (42), warga Dusun Medang, Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus pada hari Rabu (3/4/2019) lalu. Saat itu, Sutrisno tengah mencari emas di area persawahan yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

"Ditemukan warga Medang (Dusun Medang, Banjarejo) di persawahan di area persawahan," terang Taufik.

"Sengaja mencari emas di sawah. Pekerjaan sehari-hari selain bertani juga penambang emas kuno," ujarnya.

Dengan kedalaman tanah yang jadi lokasi penemuan sekitar 1 meter. Benda kuno ini beratnya sekitar 8 gram. Dengan panjang serta tinggi sekitar 2 cm.

Benda mirip stempel di bagian bawah berbentuk persegi empat, dan di dalamnya ada pahatan kotak-kotak kecil berjumlah sekitar 16 kotak. Di bagian tengahnya terdapat satu kotak yang ukurannya lebih besar.

Sedangkan di bagian atasnya berbentuk lingkaran dan di bagian kanan dan kiri terdapat ukiran rapi.

Menurutnya, di wilayah desanya memang sering ditemukan emas kuno diperkirakan peninggalan abad 14-15 M.

Dengan ditemukannya benda berbahan emas itu, kata dia, berarti bertambah pula koleksi benda kuno bahan emas di Banjarejo. "Kalau jumlah sudah gak terhitung," imbuhnya.

Di antaranya selain benda mirip stempel bahan emas, ada juga bunga yang juga berbahan emas. "Yang bunga berbahan emas, itu emasnya 18 karat," ungkap Taufik.



(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed