detikNews
Selasa 26 Maret 2019, 12:38 WIB

Untuk Mahasiswa Baru di Solo, Ini Dia Info Biaya Kos Dekat Kampus

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Untuk Mahasiswa Baru di Solo, Ini Dia Info Biaya Kos Dekat Kampus Deretan kos mahasiswa di sekitar UNS, Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Kota Solo menjadi salah satu tempat tujuan kuliah yang favorit. Selain karena kualitas perguruan tingginya, biaya hidup yang cenderung murah menjadi alasannya.

Beberapa kampus yang ada di Solo, yakni Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Institut Seni Indonesia (ISI) di Jebres, Solo. Kemudian Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Kartasura, Sukoharjo.

Salah satu kebutuhan mahasiswa baru dari luar kota ialah sewa indekos. Harga sewanya bermacam-macam tergantung lokasi dan fasilitasnya.

Di dekat kampus UNS dan ISI, sewa kamar kos rata-rata dihargai mulai Rp 4 juta setahun, seperti Kos Aryani di Jalan Surya I, Jebres, Solo. Fasilitasnya yaitu tempat tidur dan lemari.

"Kalau per bulan sekitar Rp 350 ribu, itu fasilitas kamar mandi luar. Kalau kamar mandi dalam biasanya Rp 400 ribu per bulan," kata pengelola Kos Aryani, Norma, Selasa (26/3/2019).

Sedangkan di kawasan UMS, harga sewa indekos tak jauh berbeda. Harganya di kisaran Rp 4 juta per tahun.


Jika beruntung, anda bisa menemukan indekos yang lebih murah hingga Rp 250 ribu per bulan, seperti di Kos Bu Ngatiman di Petoran, Jebres. Namun biasanya kos seperti itu selalu penuh terisi.

Salah satu kos mahasiswa di dekat UNS, Solo. Salah satu kos mahasiswa di dekat UNS, Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

"Harganya Rp 250 ribu per bulan, kamar mandi luar. Karena murah, kamarnya selalu penuh semua," ujar Pratama, salah satu penghuninya.


Selain di dekat kampus, indekos di tengah kota juga bisa menjadi pilihan. Tentu harganya di atas harga rata-rata dari yang di dekat kampus.

Misalnya Kos Hadi, Kelurahan Bumi, Laweyan, Solo. Sewa per bulannya dihargai Rp 550 ribu.

"Fasilitasnya kamar mandi dalam. Memang biasanya untuk pekerja, hanya ada beberapa yang mahasiswa," kata Fitriani, salah satu penghuni Kos Hadi.
(bai/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com