DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 08:52 WIB

Selain Jokowi dan Fadli, Ternyata Ada yang Lain Incognito ke Tambak Lorok

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selain Jokowi dan Fadli, Ternyata Ada yang Lain Incognito ke Tambak Lorok Kawasan Tambak Lorok, Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Selain Presiden Joko Widodo dan Fadli Zon, ternyata ada beberapa pejabat yang pernah melakukan perjalanan tanpa rombongan ke kampung nelayan Tambak Lorok Semarang. Nelayan setempat menyebut kampung itu memang sering dikunjungi apalagi menjelang Pemilu.

Salah seorang nelayan di Tambak Lorok, Sudarso (59) mengatakan Pemilu kali ini memang calon legislatif yang datang tidak sebanyak periode sebelumnya. Namun ia mengakui kampungnya sering jadi sasaran kunjungan politik.

"Ya kalau mau pemilu banyak yang berkunjung. Tapi tahun ini lebih sedikit," kata Sudarso sembari menjahit jaringnya di dermaga Tambak Lorok.

Soal kunjungan, memang ada beberapa yang datang sendirian walau tidak hanya untuk kepentingan politik. Ia mencontohkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang melihat kondisi nelayan, memberikan bantuan, dan melihat proyek kampung bahari di sana.


"Saya ingat yang datang sendirian, Pak Wiranto sekitar tahun 2014, Pak Hidayat Nurwahid dulu pas pertama ada PKS. Terus Bu Susi 2 bulanan lalu, Desember berarti. Bu Susi itu kan bantuin kita, nelayan," ujar Sudarso.

Suasana politik memang cukup terasa di kampung Tambak Lorok karena banyaknya bendera partai terpasang di dermaga dan di atas perahu.

Nelayan lainnya, Munaim (43) bahkan sempat ditanya Fadli Zon soal bendera partai di dermaga ketika Waketum Gerindra itu incognito bersama 4 orang di Tambak Lorok hari Rabu (20/2) kemarin.

"Dia bilang, banyak bendera partainya ya," ujar Munaim menirukan Fadli.


Saat itu ditanya Fadli soal bendera, Munaim menceritakan Jokowi pernah datang malam-malam sendirian hanya ditemani sopir. Munaim tidak mengutarakan jelas bagaimana tanggapan Fadli Zon.

"Saya bilang Pak Jokowi datang sendirian malam-malam. Ya agak gimana gitu," ujarnya.

Untuk diketahui, perjalanan incognito Jokowi pada 2 Februari 2019 lalu terungkap saat debat Capres hari Minggu (17/2) lalu. Para nelayan membenarkan Jokowi datang sekitar pukul 23.00 WIB hanya dengan sopir yang menunggu di mobil.


"Ada teman saya yang gemetar sampai pingsan saking tidak percayanya dikunjungi presiden malam-malam," lanjut Sudarso sembari tertawa.

Setelah kunjungan itu ramai diperbincangkan, giliran Fadli Zon datang ke Tambak Lorok lewat jalan yang dilalui Jokowi dan juga berhenti di dekat perahu yang sama. Kunjungannya itu ia posting di akun Twitter dilengkapi dengan dua foto.

"Incognito ke Tambak Lorok, Semarang, siang ini. Memang bukan tengah malam. Ngobrol dg nelayan," tulis Fadli.


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu


Simak Juga 'Kala Fadli Zon Tiru Incognito Jokowi di Tambak Lorok':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed