DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 16:54 WIB

Siapa Pelaku Vandalisme di Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogya?

Usman Hadi - detikNews
Siapa Pelaku Vandalisme di Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogya? Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Relief Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 di Kompleks Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menjadi sasaran aksi vandalisme. Siapakah pelaku dibalik bercecernya cat warna-warni di monumen dekat Titik Nol KM Yogyakarta ini?

Koordinator Konservator Benteng Vredeburg, Darsono (55), mengatakan pihaknya tak mengetahui siapa Pelaku vandalisme tersebut. "Belum ada yang tahu (pelakunya). Karena ini kan (kejadiannya) tengah malam," jelasnya, Selasa (19/2/2019).

Aksi vandalisme yang menyesar Relief di Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 di Kota Yogyakarta diduga terjadi Jumat (15/2) malam. Kejadian ini tak terekam CCTV, sementara petugas keamanan museum juga tak melihat kejadian tersebut.

"Pelaku tidak terekam CCTV, karena kan CCTV-nya ada di belakang sehingga (kejadiannya) tidak kelihatan. Tapi ke depan akan kita usahakan untuk diberikan CCTV, termasuk (menambah) lampu penerangan," ungkapnya.

Pihak Museum, kata Darsono, hanya mengamankan empat botol cat candy yang menjadi saksi bisu aksi vandalisme tersebut. "Itu kayaknya cat candy-nya sudah dicampur, sehingga lengket ke relief susah dibersihkan. Cara satu-satunya ya dicat ulang," tuturnya.

Darsono kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak berani menduga-duga siapa pelaku aksi vandalisme tersebut. Meskipun di monumen tertera goresan cat bertuliskan nama salah satu klub sepakbola yang berbasis di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Misal kita mengatakan itu (pelakunya oknum suporter salah satu klub sepakbola), iya kalau (dugaannya) benar, kalau tidak malah kita disalahkan. Jadi kita sampai saat ini kita belum tahu siapa Pelakunya," tutupnya.

(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed