DetikNews
Kamis 14 Februari 2019, 12:33 WIB

Alasan di Balik Acara Valentine Komunitas Pria Akhirnya Dibatalkan

Ristu Hanafi - detikNews
Alasan di Balik Acara Valentine Komunitas Pria Akhirnya Dibatalkan Poster acara. Foto: Tangkapan layar Facebook
Sleman - Pihak penyelenggara akhirnya membatalkan acara valentine 'Pertemuan Komunitas Pria se-DIY'. Ini alasan pembatalan acara yang awalnya direncanakan digelar di GSG Building, Villa Seturan Indah D-10, Sleman nanti malam.

"Tidak urus pemberitahuan atau izin ke polisi," kata Direktur Yayasan Victory Plus Yogyakarta, Samuel Rachmat Subekti saat dihubungi wartawan, Kamis (14/2/2019).

Hal itu menjawab pertanyaan apakah Victory Plus selaku penyelenggara sebelumnya telah mengajukan izin ke kepolisian terkait acara 'Pertemuan Komunitas Pria se-DIY'.


Samuel pun telah membuat surat pernyataan dengan dibubuhi tanda tangannya lengkap dengan materai dan stempel Yayasan Victory Plus.

Inti dari isi surat tersebut yang dikirimkan Samuel ke detikcom yakni 'Kami nyatakan "DIBATALKAN", karena belum mendapatkan ijin dari pihak yang terkait'.

Selain itu, Samuel juga menyampaikan pihaknya memutuskan membatalkan acara setelah berkomunikasi dengan Polda DIY.


"Saya barusan ketemu di Polda, teman-teman Polda dapat informasi acara LGBT, acara valentine, kristenisasi, makanya kami batalkan karena tujuan acara kami bukan itu," jelasnya.

Samuel mengaku pihaknya membatalkan acara juga karena muncul kegaduhan di kalangan masyarakat.

"Dibatalkan karena sudah timbulkan keresahan, kami juga tak mau bikin resah masyarakat sekitar. Tadi bertemu intel, yang dapat laporan dari ormas," terangnya.

Meski demikian, Samuel menegaskan pihaknya tidak mendapatkan tekanan dari pihak manapun.


"Tidak ada tekanan dari pihak manapun sehingga acara batal, karena ada laporan gedung yang kita pakai, ada keberatan dari warga setempat, daripada ada gangguan ya udah kami batalkan," sebutnya.

"Buat kami nggak masalah, sebetulnya acara ini untuk anggota, kalau berita sampai tersebar keluar ya halangan, kami tidak publikasi lewat medsos, poster itu hanya dibagi di WA grup kami saja," lanjutnya.


Samuel mengungkapkan seandainya jadi digelar, maka acara malam nanti baka diikuti peserta sebanyak 500 orang se-DIY dari total sekitar 5.000 anggota komunitas di bawah Yayasan Victory Plus.

"Buat edukasi banyak cara, ini (acara) salah satu cara saja. Kami rutin kelompok kecil tiap bulan, kalau acara besar tidak rutin, kami lembaga berizin, tidak liar," imbuhnya.


Simak Juga 'Sejarah Valentine yang Jauh dari Arti Kasih Sayang':

[Gambas:Video 20detik]


Alasan di Balik Acara Valentine Komunitas Pria Akhirnya Dibatalkan

(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed