DetikNews
Rabu 13 Februari 2019, 15:42 WIB

Polisi Atur Jadwal Gelar Perkara Terbuka Dugaan Perkosaan Mahasiswi UGM

Ristu Hanafi - detikNews
Polisi Atur Jadwal Gelar Perkara Terbuka Dugaan Perkosaan Mahasiswi UGM Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Polda DIY masih mengatur waktu untuk melaksanakan gelar perkara terbuka terkait kasus dugaan pemerkosaan mahasiswi UGM. Polda juga menyebut masih menunggu konfirmasi dari para ahli yang telah dimintai pendapatnya selama proses penyidikan.

"Penyidik masih mengatur waktu para ahli yang akan jadi narasumber. Mencocokkan waktunya agar bisa hadir semua saat gelar perkara terbuka," kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto kepada wartawan, Rabu (13/2/2019).

Yuliyanto menjelaskan, hasil gelar perkara terbuka nantinya untuk memutuskan apakah kasus ini memenuhi unsur tindak pidana dan terus bergulir di meja penyidik, atau sebaliknya dan dihentikan perkaranya.


"Nanti akan diputuskan, apakah memenuhi unsur tindak pidana, siapa tersangkanya sesuai alat bukti. Atau perkara dihentikan karena tidak memenuhi unsur pidana," terang Yuliyanto.

Sejauh ini penyidik telah memeriksa 26 orang saksi dan memintai pendapat beberapa orang ahli pidana dari sejumlah universitas. Olah TKP juga telah dilakukan di Pulau Seram, Maluku. Polisi pun memastikan proses hukum masih berjalan hingga nanti menunggu hasil gelar perkara terbuka.


Sesuai rencana, polisi akan mengundang pelapor, terlapor, mahasiswi yang diduga sebagai korban tindak pidana pemerkosaan, serta para ahli dalam gelar perkara terbuka tersebut.

"Semua pihak akan kami undang untuk mengikuti gelar perkara terbuka," imbuh Yuliyanto.


Saksikan juga video 'KKN UGM Diguncang Skandal Dugaan Pelecehan Seksual':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed