Seekor Labi-labi Langka Nyaris Punah Ditemukan di Sungai Sleman

Ristu Hanafi - detikNews
Kamis, 07 Feb 2019 14:17 WIB
Labi-labi langka ditemukan di Sleman. (Foto: Dok. BKSDA Yogyakarta)
Sleman - Seekor bulus atau labi-labi jenis bintang yang telah hampir punah ditemukan warga di Sungai Sempor, Dusun Manyaran, Kelurahan Triharjo, Sleman, DIY. Reptil yang diperkirakan berusia 50 tahun mencapai panjang hingga 90 cm.

"Ada laporan dari Komunitas Hulu Jogja bahwa ditemukan seekor labi-labi di Sungai Sempor. Tim quick respon langsung menuju lokasi penemuan," kata Kepala BKSDA Yogyakarta, Junita Parjanti saat dihubungi wartawan, Kamis (7/2/2019).

Tubuh labi-labi bintang yang bernama ilmiah Chitra Citra itu berukuran panjang 90 cm dan lebar 60 cm. BKSDA kemudian melakukan pendekatan dan memberikan pendekatan kepada warga yang menemukan.

"Kita jelaskan bahwa labi-labi ini jenis dilindungi undang-undang dan langka atau terancam punah. Warga akhirnya secara suka rela menyerahkan kepada kami," jelasnya.


Setelahnya, labi-labi itu lantas diserahkan oleh BKSDA ke Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) pada Rabu (6/2) kemarin.

Saat dimintai konfirmasi terpisah, Manajer Konservasi GL Zoo, Josephine Vanda Tirtayani menyebutkan labi-labi bintang saat ini berada di karantina untuk dicek kesehatanya.

"Usianya sekitar 50 tahun, ukuran tubuhnya panjang 90 cm dan lebar 60 cm," ungkapnya.


Vanda mengungkapkan labi-labi bintang di alam liar terancam punah. Bahkan saat ini telah masuk dalam daftar merah pada Internasional Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List 2006.

"Spesies ini kehilangan habitat asli dan hampir punah karena eksploitasi untuk konsumsi makanan manusia dan perdagangan liar. Ini spesies yang langka," imbuhnya. (mbr/mbr)