Kondisi Rumah Kos Pengemis Legiman di Pati yang Mengaku Miliarder

Arif Syaefudin - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 14:59 WIB
Rumah kontrakan yang ditinggali Legiman. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rumah kontrakan yang ditinggali Legiman. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Pati - Pengemis Legiman yang mengaku berharta Rp 1 miliar lebih, saat ini tinggal di salah satu rumah kos di Perumahan Gunung Bedah, Desa Sokokulon, Margorejo, Pati. Begini kondisi rumah yang ditinggalinya itu.

detikcom berkunjung ke kediamannya pada Rabu (16/1/19). Namun, kondisi rumah dalam keadaan kosong. Legiman yang diketahui tinggal sendirian di rumah tersebut tidak berada di rumah.

Dari depan, nampak rumah tersebut memiliki lebar sekitar 6 meter. Tak ada kondisi mencolok dari kondisi rumah kosan tersebut. Warna cat sudah mulai pudar, dan nampak beberapa tumbuhan yang tumbuh alami di halaman rumah berukuran kecil itu.


Saat ditengok dari luar jendela, tak ada barang yang mewah berada di dalam ruang utama rumah kosan tersebut. Sepi dan cukup bersih jika dilihat dari luar rumah.

Salah seorang tetangga Legiman, Priyo, menyebut rumah kos tersebut sudah dihuni oleh Legiman lebih kurang selama setahun belakangan. Disewa dan dibayar secara bulanan sebesar Rp 400 ribu.

"Dulunya dia itu warga Sudo, pertama datang kesini nemui saya, karena saat itu saya masih menjabat Kepala Desa. Dia minta dicarikan kos, akhirnya saya arahkan ke rumah sebelah saya ini. Sudah sekitar setahun tinggal disini," kata Priyo kepada detikcom, Rabu (16/1/19).


Perumahan Gunung Bedah sendiri nampak tak begitu menyolok jika dibanding perumahan pada umumnya. Akses menuju rumah Legiman contohnya, hanya muat dilintasi satu unit truk, tak muat jika untuk berpapasan. Kondisi antarrumah cukup rapat, dengan ukuran masing-masing rumah yang terbilang hanya cukup untuk menampung keluarga kecil.

"Warga sudah tau kalau pak Legiman kesehariannya itu mengemis. Apalagi cacat fisik yang diemban pak Legiman, warga juga cukup iba, sering kita kasih makanan atau bahan pokok lainnya secara suka rela dan sekedarnya," katanya.

Benarkah Legiman seorang miliader? Atau dia sedang berbohong saat membuat pengakuan kepada Satpol PP Kabupaten Pati.


Sebelumnya kepada Satpol PP Kabupaten Pati, Legiman kedapatan membawa uang tunai senilai Rp 695 ribu dibawa Legiman. Diakui uang itu hasil mengemisnya dalam setengah hari. Menurut pengakuannya saat itu, hasil iti kurang maksimal karena sedang hujan. Biasanya dia bisa mengun[ulkan uang sampai Rp 1 juta per hari.

Tak cuma itu. dari hasil pemeriksaan, kepada petugas Satpol PP Pati Legiman mengaku memiliki rekening tabungan senilai Rp 900 juta. Legiman juga mengakui memiliki aset kekayaan berupa rumah senilai Rp 275 juta dan tanah senilai Rp 250 juta. (mbr/mbr)