DetikNews
Rabu 21 November 2018, 18:07 WIB

Mahasiswi Korban Dugaan Perkosaan Bakal Didampingi Tim Hukum UGM

Ristu Hanafi - detikNews
Mahasiswi Korban Dugaan Perkosaan Bakal Didampingi Tim Hukum UGM Dekan Fisipol UGM, Erwan Agus Purwanto. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Polisi telah menyelidiki kasus dugaan perkosaan yang menimpa seorang mahasiswi UGM saat menjalani KKN di Pulau Seram, Maluku. Sejumlah pihak telah dimintai keterangan, mulai dari korban hingga pihak Fisipol UGM.

Pihak fakultas tempat korban menempuh kuliah pun bakal menyiapkan tim hukum jika kasus ini naik ke tahap penyidikan di kepolisian.

"Nanti kalau misalnya proses hukum berjalan (masuk penyidikan), fakultas akan bantu pendampingan pengacara," kata Dekan Fisipol UGM, Erwan Agus Purwanto kepada wartawan di gedung Fisipol UGM, Rabu (21/11/2018).

Menurut Erwan, tim hukum nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak universitas. Karena UGM selaku institusi perguruan tinggi juga memiliki tim hukum yang sewaktu-waktu siap bekerja ketika universitas mendapatkan persoalan hukum.


"Tim hukum koordinasi dengan universitas, karena universitas punya hukor (kantor hukum dan organisasi), selalu siap ketika ada persoalan hukum di universitas," jelasnya.

Sementara untuk saat ini, korban telah mendapat pendampingan dari LSM Rifka Annisa berdasarkan kesepakatan dengan pihak fakultas dan universitas. Rifka Annisa mendampingi korban salah satunya untuk pemulihan kondisi psikologis.


"Jika masuk ranah hukum, penyintas (korban) juga didampingi psikolog agar beban penyintas tidak bertambah. Penyintas dalam memberi keterangan ke polisi diberi pendampingan dari Rifka Annisa," imbuhnya.


Saksikan juga video 'KKN UGM Diguncang Skandal Dugaan Pelecehan Seksual':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed