DetikNews
Jumat 16 November 2018, 13:53 WIB

Belajar dari Kasus Nuril, Warganet Diminta Bijak Bermedsos

Usman Hadi - detikNews
Belajar dari Kasus Nuril, Warganet Diminta Bijak Bermedsos Foto: Usman Hadi/detikcom
sleman - Staf honorer SMA N 7 Mataram, Baiq Nuril, divonis bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) karena merekam percakapan mesum atasannya. Putusan kasasi ini membatalkan putusan PN Mataram yang sebelumnya membebaskan Nuril.

Menkominfo, Rudiantara angkat suara terkait polemik yang berkaitan dengan UU ITE ini. Menurutnya, agar kasus serupa tak terulang, dia meminta warganet agar bijak dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

"Pesannya hati-hati menggunakan media sosial, hati-hati. Bijaklah bermedia sosial. Jangan jari itu lebih cepat daripada pikiran gitu loh, jadi hati-hati," ujarnya usai menghadiri sebuah acara di Kampus II Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jumat (16/11/2018).

Rudiantara mengaku bersimpati terhadap Nuril atas kasus hukum yang menjeratnya. Berbagai upaya juga telah Rudiantara lakukan untuk membantu Nuril keluar dari kasus hukum tersebut.

"Isu kemanusiaan kita harus bantulah, karena Ibu Baiq Nuril itu punya putra tiga, sedangkan suaminya sekarang yang mengampu (perekonomian). Itu isu kemanusiaannya," paparnya.

"Tapi isu hukumnya juga harus kita lihat. Saya tidak tahu sejauh mana, saya belum mendalami dari kasus hukumnya. Tapi sisi kemanusiaannya harus jalan," lanjutnya.

Memang banyak pihak bersimpati terhadap Nuril. Karena menyadari ada isu kemanusiaan dalam kasus ini, Rudiantara bersama rekan-rekannya pun mencoba membantu Nuril dan keluarga.

"Bagaimana kita bisa membantu dari sisi kemanusiaan. Kan kalau mengampu tiga anak harus ada pendapatan. Jadi suaminya harus bekerja. Apa pekerjaan yang kita bisa berikan agar anak-anaknya bisa sekolah," tutupnya.




Tonton juga 'Menkominfo Bersimpati ke Bu Nuril, Minta Penyebar Rekaman Dicari':

[Gambas:Video 20detik]


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed