DetikNews
Rabu 14 November 2018, 14:14 WIB

Sandi Minta Maaf Langkahi Makam, Said Aqil: Harusnya ke Keluarga

Arif Syaefudin - detikNews
Sandi Minta Maaf Langkahi Makam, Said Aqil: Harusnya ke Keluarga Said Aqil Siradj (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang - Tersebar video cawapres Sandiaga Uno melangkahhi makam KH Bisri Syansuri, salah satu ulama pendiri NU. Atas peristiwa itu Sandi kemudian meminta maaf kepada publik. Namun menurut Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj, permintaan maaf itu tidak pada tempatnya.

Atas insiden yang kemudian viral tersebut, Said Aqil menyarankan Sandiaga Uno tidak hanya meminta maaf kepada publik yang mempersoalkan tindakannya. Namun Sandi sebaiknya juga meminta maaf secara langsung kepada pihak keluarga dan ahli waris KH Bisri Syansuri.

"Ya kalau minta maaf, harusnya dengan pihak keluarga ya," kata Said kepada wartawan saat menghadiri kegiatan halaqah kebangsaan di Ponpes Al-Hidayat, Lasem, Rabu (14/11/18).


Said Aqil lebih lanjut mengaku enggan memberikan tanggapan mengenai kejadian tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Sandiaga tersebut sebagai perbuatan yang tidak etis.

"Saya nggak mau komentar. Ya itu intinya tidak etis saja ya. Tapi mungkin kalau bahasanya santri itu nanti bisa kuwalat," tegasnya.


Dalam sebuah video viral, terlihat Sandiaga bersama Prabowo sedang berziarah ke makam para tokoh NU pada Hari Santri. Dalam rekaman itu terlihat Sandi melangkahi sebuah pusara makam ketika akan menabur bunga ke makam yang ada di sebelahnya.

Atas kejadian itu, Sandiaga kemudian mengaku khilaf dan meminta maaf kepada publik. Sandiaga menyampaikan permohonan maaf karena melangkahi makam tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Bisri Syansuri.


Saksikan juga video 'Viral Video Sandiaga Langkahi Makam Pendiri NU':

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed