DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 22:13 WIB

Ini yang Didiskusikan Jokowi dengan Pengasuh PP Girikusumo

Wikha Setiawan - detikNews
Ini yang Didiskusikan Jokowi dengan Pengasuh PP Girikusumo Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Demak - Presiden Joko Widodo berdiskusi terkait persoalan kenegaraan dan kebangsaan saat kunjungannya di Pondok Pesantren Girikusumo Desa Banyumeneng Kecamatan. Mranggen, Kabupaten Demak.

Diskusi bersama pengasuh pondok pesantren, KH Munif Zuhri dilakukan secara tertutup. Sebelumnya, Jokowi melaksanakan salat berjamaah di masjid pondok pesantren bersama pengasuh dan seribuan santri.

"Banyak berdiskusi masalah kenegaraan dan kebangsaan. Pandangan-pandangan beliau (KH Munif Zuhri) sangat luas tentang tata kenegaraan dan kebangsaan," ujar Jokowi kepada wartawan, Jumat (19/10/2018)

Namun, Jokowi tidak menjelaskan secara detil pembicaraannya dengan pengasuh pesantren tersebut.

"Banyak diskusi tentang kenegaraan dan kebangsaan tapi tidak bisa saya sampaikan secara detil," paparnya.

Menurutnya, kunjungan ke Pondok Pesantren Girikusumo kali ini memang untuk bersilaturahmi, sejak kunjungan sebelumnya di tahun 2014 silam.

"Ketemu Pak Kiai 2014 lalu dan belum pernah bertemu lagi. Ketika saya ke Semarang, saya sangat menyempatkan bertemu dengan beliau. Dan, banyak berdiskusi tentang kenegaraan dan kebangsaan," tandasnya.

Kehadiran Jokowi kali ini, mendapatkan hadiah sebuah tongkat milik pengasuh. Namun, maksud pemberian tongkat itu, Jokowi enggan membeberkannya.

"Ya, diberikan pada saya tongkat milik beliau. Saya diberi ya saya alhamdulilllah. Ada maknanya tadi disampaikan tapi tidak boleh disampaikan," pungkas Jokowi.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed