DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 07:42 WIB

Ternyata Kode Bupati Purbalingga Saat Minta Uang: Mau Wayangan Nih!

Sukma Indah Permana - detikNews
Ternyata Kode Bupati Purbalingga Saat Minta Uang: Mau Wayangan Nih! Bupati Purbalingga Tasdi. Foto: dok. Istimewa
Semarang - Bupati Purbalingga nonaktif, Tasdi, didakwa dalam kasus suap proyek Islamic Center tahap II di daerahnya. Dalam dakwaan terungkap istilah yang dipakai Tasdi saat meminta uang.

"Pada akhir pertemuan terdakwa mengucapkan kata-kata 'mau wayangan nih' kepada Librata Nababan," kata Jaksa dari KPK, Kresno Anto Wibowo dalam dakwaan di persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, Senin (15/10).

Pernyataan itu disampaikan Tasdi kepada Librata Nababan yang menghubungkan antara terdakwa dan Hamdani Kosen pada 3 Mei 2018 di rumah makan di Jalan Sabang, Jakarta. Hamdani Kosen merupakan selaku pelaksana proyek yang dijanjikan dimenangkan dalam lelang pelaksana proyek yang dijanjikan dimenangkan dalam lelang.

Librata kemudian bertanya pada Hadi, selaku Kepala Unit Layanan Pengadaan dan diterjemahkan bahwa terdakwa meminta Rp 25 juta. Esoknya Librata memberikan uang melalui ajudan Tasdi, tapi jumlahnya Rp 15 juta.


Kemudian ada pertemuan di Hotel Borobudur Jakarta pada 16 Mei 2018 untuk membicarakan proyek Islamic Center tahap II. Di sana Tasdi meminta Rp 500 juta.

"Pada akhir pertemuan terdakwa mengucapkan kata-kata 'itu 500'," pungkas Jaksa.

Dari fee tersebut Hamdani Kosen baru menyanggupi Rp 100 juta. Penyerahan uang itu dilakukan oleh Ardirawinata Nababan pada 4 Juni 2018 kepada Hadi Iswanto.


Uang yang dibungkus amplop coklat itu diletakkan di sisi pintu belakang sebelah kanan mobil yang ditumpangi Hadi Iswanto yang berada di lokasi proyek Islamic Center tahap II. Saat itulah petugas KPK melakukan OTT.

Kresno mengatakan bahwa Tasdi didakwa pasal 12 huruf a atau pasal 11 UU No 13 tahun 1999 yang telah diubah dan ditambahkan dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


"Menerima hadiah atau janji yaitu menerima uang melalui Hadi Iswanto sebesar Rp 115 juta dari Hamdani Kosen," ujar Kresno.

Uang Rp 115 juta tersebut merupakan bagian dari fee Rp 500 juta yang dijanjikan oleh Hamdani Kosen melalui Hadi.


Saksikan juga video 'Bupati Purbalingga Ditangkap KPK':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed