DetikNews
Senin 15 Oktober 2018, 13:46 WIB

9 Orang yang Diciduk Terkait Pembubaran Sedekah Laut Dipulangkan

Pradito Rida Pertana - detikNews
9 Orang yang Diciduk Terkait Pembubaran Sedekah Laut Dipulangkan Lokasi tradisi sedekah laut. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
FOKUS BERITA: Ricuh Sedekah Laut
Bantul - Sebanyak sembilan orang yang sempat diamankan polisi terkait kasus pengrusakan lokasi tradisi Sedekah Laut di Bantul kini sudah dipulangkan. Berikut ini penjelasan Polres Bantul.

"24 jam setelah diamankan (9 orang yang diperiksa) sudah dikembalikan (ke rumahnya masing-masing). Tapi mereka tetap wajib lapor," kata Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Rudy Prabowo saat ditemui detikcom di ruang kerjanya, Senin (15/10/2018).

Keputusan ini diambil karena polisi belum mengantongi bukti-bukti yang cukup. Ditambah lagi belum ada keterangan dari korban maupun warga kepada polisi terkait peristiwa tersebut.

"9 orang itu, enam dari Sukoharjo dan 3 warga Jogja. Jadi sampai saat ini belum ada tersangka, warga juga diharap untuk mau lapor dan beri keterangan," ucapnya.


Polisi juga telah melakukan gelar perkara untuk menentukan upaya lanjutkan yang akan diambil terkait penanganan kasus tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekelompok orang mendatangi lokasi tradisi Sedekah Laut di Pantai Baru, Jumat (12/10) malam. Salah seorang warga yang menyaksikan peristiwa itu, Tuwuh (48) kepada wartawan saat ditemui di Pantai Baru, Sabtu (13/10).


"Mereka minta dibatalkan karena sedekah laut itu syirik dan musyrik, terus bertentangan dengan agama," kata Tuwuh.

"Mereka juga sempat merusak meja dan membanting kursi tadi malam, diobrak-abrik lah pokoknya sekitar 15 menitan," imbuhnya.


Saksikan juga video 'Nelayan Trenggalek Lestarikan Tradisi Nenek Moyang':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
FOKUS BERITA: Ricuh Sedekah Laut
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed