Polisi Tes DNA Bayi yang Dibuang dari Lantai 3 Mal di Magelang

Pertiwi - detikNews
Jumat, 12 Okt 2018 18:46 WIB
Wakil Wali Kota Magelang menengok bayi yang dijatuhkan dari lantai 3. Foto: Pertiwi/detikcom
Magelang - Tim Dokter Forensik Polri Cabang Semarang, Jawa Tengah, memeriksa DNA bayi yang dibuang ibunya dari lantai tiga mal di Magelang. Tes DNA juga dilakukan pada tersangka N (21).

"Tes sudah dilakukan, hasilnya baru akan diketahui sekitar sepekan ke depan," jelas Kasatreskrim Polres Magelang Kota, AKP Rinto Sutopo, Jumat (12/10/2018).

Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas kepolisian, N diketahui telah lama berpisah dengan suami resminya.

"Saat ini tersangka masih terus menjalani pemeriksaan kesehatan jiwa di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang. Hasilnya akan dipergunakan untuk bahan pertimbangan apakah tersangka bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya atau tidak," urai Rinto.


Adapun kondisi bayi perempuan yang dilahirkan dalam usia prematur oleh N saat ini terus membaik. Bobot tubuhnya terus naik dan bisa meminum air susu ibunya sendiri.

Seperti yang diketahui, N nekat membuang bayi yang baru saja dilahirkannya dari lantai 3 gedung pusat perbelanjaan. Warga Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang itu mengaku panik jika persalinannya diketahui oleh teman-teman kerjanya.


Akibat perbuatannya, N akan dijerat Undang-undang perlindungan anak dengan pasal 76 (c) jo. 80 (4) tentang tindak pidana kekerasan pada anak.

Ancaman hukumannya maksimal 3 tahun 6 bulan ditambah sepertiganya, jadi 4 tahun 2 bulan penjara. (sip/sip)