DetikNews
Senin 20 Agustus 2018, 14:30 WIB

Ada Kubah Lava Baru, BPBD Magelang Sosialisasi ke Warga

Pertiwi - detikNews
Ada Kubah Lava Baru, BPBD Magelang Sosialisasi ke Warga Foto: Pertiwi/detikcom
Magelang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang melakukan persiapan dan langkah antisipasi sebagai tindaklanjut dari terbentuknya kubah lava baru di puncak Gunung Merapi. Sosialisasi telah diberikan kepada masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Merapi.

"Kita sudah sosialisasikan terkait pembentukan kubah lava baru ini kepada masyarakat. Kita siapkan pula seluruh sumber daya, baik manusia maupun alat," kata Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, di kantor BPBD, Senin (20/8/2018).

Edi menambahkan, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta untuk menentukan langkah konkrit selanjutnya usai ada pembentukan kubah lava baru.

"Pertemuan ini penting, mengingat, sesuai informasi dari BPPTKG, adanya kubah lava baru bisa berpotensi menuju erupsi. Dan jika terjadi letusan, diperkirakan efusif," ungkap Edi.

Meski demikian, Edi juga menghimbau warga untuk tetap tenang sambil terus meningkatkan kewaspadaan.

"Sesuai rekomendasi dari BPPTKG, kawasan steril dari aktivitas penduduk masih radius 3 kilometer dari puncak Merapi. Kami minta masyarakat untuk mematuhi himbauan tersebut," kata Edi.

Seperti yang diketahui, BPPTKG merilis kemunculan kubah lava baru di kawah Merapi berdimensi panjang sekitar 55 meter, lebar sekitar 25 meter, dan tinggi 5 meter. Berdasarkan pengamatan BPPTKG, kemunculan kubah lava baru itu diperkirakan terjadi pada 11 Agustus 2018 yang diawali dengan kejadian gempa embusan besar.

Kemudian, Sabtu (18/8) petugas BPPTKG melakukan pengecekan langsung ke puncak Merapi, dan dipastikan bahwa terdapat kubah lava baru.

"Tingkat aktivitas Merapi masih ditetapkan Waspada, dan radius 3 km dari puncak Merapi tidak diperkenankan untuk aktivitas penduduk," jelas Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida melalui keterangan tertulis, Sabtu (18/8/2018).

Hanik juga mengimbau kepada penduduk yang berada di Kawasan Rawan Bencana III untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed