DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 15:35 WIB

20 Desa di Rembang Kekeringan, 16 Ribu Warga Terdampak

Arif Syaefudin - detikNews
20 Desa di Rembang Kekeringan, 16 Ribu Warga Terdampak Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, mencatat ada sebanyak 20 Desa yang mengalami kekeringan, pada musim kemarau tahun ini. 20 Desa itu tersebar di 9 Kecamatan di seluruh Kabupaten Rembang.

Kepala BPBD Rembang, Purwadi Samsi mengatakan, jumlah desa kekeringan didapat dari jumlah desa yang mengajukan permohonan bantuan suplai air bersih di kantor BPBD Rembang.

"Sekarang jumlahnya sudah mencapai 20 Desa yang tersebar di 9 Kecamatan. Ya kita droping air bersih ke desa-desa itu secara berkala dan terjadwal," papar Purwadi, saat dikonfirmasi, Kamis (16/8/18).

20 Desa itu diantaranya Desa Sambong, Dadapan, Lemah Putih Kecamatan Sedan. Desa Sumber, Ronggomulyo, Pelemsari, Kedungtulub dan Jadi Kecamatan Sumber. Desa Woro dan Sumbergayam Kecamatan Kragan.

Desa Gunungsari, dan Banggi Kecamatan Kaliori. Desa Warugunung dan Jukung Kecamatan Bulu, Desa Kajar dan Sambongpayak Kecamatan Gunem. Desa Pedak dan Pranti Kecamatan Sulang, Desa Pasar Banggi Kecamatan kota, dan Desa Selopuro Kecamatan Lasem.
20 Desa di Rembang Kekeringan, 16 Ribu Warga TerdampakFoto: Arif Syaefudin/detikcom

"Kecamatan yang paling luas cakupan Desa terdampak kekeringan di Kecamatan Sumber. Disana ada 4 Desa yang alami kekeringan. Per Desa kita suplai masing-masing 2 tangki," terangnya.

Dari jumlah tersebut total terdapat 6.654 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak kekeringan, dengan jumlah 16.592 jiwa.

"Paling banyak warganya (terdampak kekeringan) di Desa Dadapan, Sedan. Ada 645 KK dengan total jiwa 1.935. Sedangkan yang paling sedikit di Desa Kajar Gunem yang hanya ada 20 KK berisi 100 jiwa," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed