detikNews
Rabu 01 Agustus 2018, 15:37 WIB

6 Orang Jadi Tersangka Bentrok Maut Suporter di Bantul

Ristu Hanafi - detikNews
6 Orang Jadi Tersangka Bentrok Maut Suporter di Bantul Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Bantul - Polisi menangkap 6 orang terkait tewasnya Muhammad Iqbal Setyawan (17) dalam kericuhan oknum suporter seusai laga derby PSIM Yogyakarta melawan PSS Sleman, Kamis (26/7) lalu. Keenam orang tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka pengeroyokan yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain.

"Tadi malam diamankan lagi 4 orang yang terlibat peristiwa suporter kemarin. Siang ini seluruhnya sudah ditetapkan sebagai tersangka, jadi sementara ini total ada 6 tersangka," kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto kepada wartawan di Mapolda DIY, Rabu (1/8/2018).

4 orang yang ditangkap tadi malam masing-masing berinisial MTS (21) dan RA (22) keduanya warga Banguntapan, Bantul, kemudian FDK (pelajar) warga Kotagede, Yogya, dan HAT (22) warga Mantrijeron, Yogya.

Sebelumnya pada Sabtu (28/7) polisi telah menangkap LGF (21) warga Sewon, Bantul dan WTP (19) warga Banguntapan, Bantul.


"Keenam tersangka masih menjalani proses penyidikan, seluruhnya ditahan penyidik termasuk ada yang berstatus pelajar. Mereka terlibat dengan peristiwa penganiayaan terhadap korban Iqbal, pelaku utama," jelas Yuliyanto.

Yuliyanto melanjutkan masih terbuka kemungkinan jumlah tersangka bertambah terkait peristiwa tewasnya Iqbal ini. "Masih ada kemungkinan penambahan tersangka, nanti menunggu perkembangan penyidikan," ujarnya.

Keenam tersangka tersebut ditangkap berdasarkan hasil penyelidikan polisi di lapangan serta pemeriksaan saksi-saksi dan alat bukti berupa rekaman video. Meski demikian, Yuliyanto belum bersedia menyebutkan apakah 6 tersangka itu berasal dari kelompok suporter PSIM atau PSS.


"Yang jelas mereka penonton (pertandingan PSIM-PSS)," ungkapnya.

Bentrok suporter mewarnai laga derby DIY antara PSIM-PSS yang digelar di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis (26/7) sore. Terjadi kericuhan di sejumlah titik sekitar stadion. Polisi menerima laporan adanya satu orang tewas dan 9 luka-luka akibat kejadian tersebut.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com