DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 11:31 WIB

Terduga Teroris di DIY, Sultan HB X Minta RT Awasi Penghuni Baru

Edzan Raharjo - detikNews
Terduga Teroris di DIY, Sultan HB X Minta RT Awasi Penghuni Baru Sri Sultan HB X di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Dalam dua pekan terakhir, Densus 88 menangkap lebih dari 5 terduga teroris di Daerah Istimewa Yoggyakarta (DIY). Menanggapi hal itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta aparat daerah aktif berkomunikasi dan mengawasi penghuni baru di wilayahnya.

"Kita perlu menerjuni agar warga masyarakat di kampung-kampung, di desa-desa itu RT RW, Lurah, itu tidak sekedar ada penduduk dari luar menjadi penghuni baru, cukup dianggap memenuhi syarat dengan laporan. Mestinya ada komunikasi dan pengawasan lebih jauh," kata Sri Sultan HB X di Pagelaran Kraton Yogyakarta, Kamis (19/7/2018).

Sultan mengaku belum tahu persis apakah terduga teroris yang tertangkap itu apakah warga pendatang yang tinggal di Yogyakarta atau justru warga asli DIY. Apapun itu, menurutnya, komunikasi harus dibangun dengan mereka dan pengawasan lebih lanjut.


Dengan adanya penangkapan terduga teroris di DIY, Sultan menilai pembinaan wilayah dan teritorial itu adalah hal yang sangat penting. Sultan mengaku telah berkomunikasi dengan Kapolda dan juga Wakapolri.

"Kita belum tahu persis ya. Apakah warga pendatang atau orang Yogya sendiri," katanya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed