detikNews
Selasa 10 Juli 2018, 16:52 WIB

Masa Studi Usai, 119 Calon Perwira AAU Pamitan Warga Yogyakarta

Edzan Raharjo - detikNews
Masa Studi Usai, 119 Calon Perwira AAU Pamitan Warga Yogyakarta Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Calon perwira remaja lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Sebagai rasa ucapan terimakasih pada warga Yogyakarta, para calon perwira ini kirab di Jalan Malioboro Yogyakarta.

Komandan Wing Taruna (Danwingtar), Kolonel Pnb Daan Sulfi, mengatakan kirab calon perwira remaja tersebut sebagai simbol pamitan kepada warga Yogyakarta. Karena pada waktu mereka ke datang juga 'Kulanuwun' maka setelah selesai menempuh pendidikan di Yogyakarta mereka berpamitan dan minta doa restu.

"Calon perwira remaja ini akan dilantik oleh Presiden pada tanggal 19 Juli nanti di Istana Negara Jakarta," kata Daan Sulfi di Jalan Malioboro, Yogyakarta, Selasa (10/7/2018).


Calon perwira remaja yang diluluskan AAU tahun ini sebanyak 119 calon perwira remaja yang terdiri dari 9 taruni dan 110 taruna. Setelah ini mereka masih akan menempuh pendidikan lanjutan ada yang masuk ke sekolah penerbang ataupun sekolah kecabangan masing-masing seperti intel, elektronika, dan lainnya.

"Setelah itu disebar ke seluruh Indonesia sesuai kebutuhan organisasi," katanya.


Menurutnya, kebutuhan calon perwira seperti ini sebenarnya masih sangat kurang. Apalagi nanti kedatangan pesawat pada dekade 5 tahun ke depan. Sehingga paling tidak kebutuhan sekitar 50-60 penerbang setiap tahunya.

"Dari AAU setiap tahunnya sekitar 100-an yang diluluskan, namun penerbang itu tidak semua masuk penerbang, karena masih ada pos-pos lain yang membutuhkan," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com