detikNews
Rabu 04 Juli 2018, 19:17 WIB

Mensos: Rp 2 M Lebih untuk Santunan Ahli Waris KM Sinar Bangun

Ristu Hanafi - detikNews
Mensos: Rp 2 M Lebih untuk Santunan Ahli Waris KM Sinar Bangun Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Kementerian Sosial akan memberikan santunan kepada seluruh ahli waris korban yang meninggal akibat tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada 18 Juni 2018. Bantuan uang total lebih dari Rp 2 miliar telah disiapkan.

"Kita berikan bantuan tanpa ada manifes-manifes, kenapa, karena kita tahu musibah itu lebih pada disebabkan muatan kapal jauh melebihi kapasitas yang ada," kata Menteri Sosial, Idrus Marham, di Ambarrukmo Hotel, Sleman, Rabu (4/7/2018).

Idrus melanjutkan kapasitas kapal yang tenggelam di Danau Toba maksimal 50-60 orang. Tapi saat musibah terjadi kapal itu memuat lebih dari 200 orang.

"Sehingga pasti tidak ada manifes penumpang," jelasnya.

Idrus mengaku pada 24 Juni lalu dia telah menemui para ahli waris dan keluarga korban. Saat itu dia menjamin bakal memberikan bantuan setelah ada rekomendasi dari kepala daerah setempat dan itu sudah dilakukan.

"Pekan depan saya akan ke sana beri bantuan. Sesuai ketentuan ahli waris korban meninggal masing-masing Rp 15 juta, di sana ada 160an lebih orang, berarti total Rp 2 miliar-Rp 3 miliar," imbuh Idrus.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed