Debat Cagub Jateng

Problem Rob di Pantura, Ini Solusi yang Ditawarkan Sudirman-Ida

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 21 Jun 2018 21:11 WIB
Rob di Pekalongan (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Semarang - Paslon Sudirman-Ida diminta memaparkan caranya dalam mengatasi rob jika nantinya memimpin Jawa Tengah. Menurutnya koordinasi dengan pemerintah pusat menjadi jalan keluarnya.

Dalam segmen menjawab studi kasus tersebut Sudirman-Ida diperlihatkan video warga Pekalongan yang rumahnya terendam air rob. Sudirman mengatakan pentingnya koordinasi dalam pemecahan masalah rob.

"Mengatasi rob tidak bisa sendirian. Bicara dengan stake holder, masyarakat dan pemerintah pusat," kata Sudirman.

Ia kemudian memberikan contoh penanganan rob yang baik di Semarang tepatnya di sekitar Kaligawe dan Terboyo. Menurut Sudirman, akan berjalan bagus ketika Pemkot Semarang dan Kementrian PUPR kerjasama.


"Di Unissula, Kaligawe itu contoh kasus baik dengan Pemkot dan PU bisa diselesaikan, bicara dengan masyarakat setempat," tandasnya.

Ketika Ganjar menanggapi, ia menjelaskan bahwa hal yang disebutkan Sudirman sudah dilakukan. Sudah ada pengerjaan tanggul untuk mengatasi rob di Pekalongan.

"Kita sudah cek, 3 segmen dibangun dan ikhtiar luar biasa, saat kita mediasi untuk selesaikan bareng-bareng," pungkas Ganjar.


Ada yang menarik ketika Ganjar memberikan tanggapan karena ia melewati waktu 1,5 menit yang ditentukan. Ketika Sudirman kembali menanggapi, ia menyindir Ganjar yang melewati durasi. "Hobinya melanggar aturan," ujar Sudirman.

Perdebatan pun berlanjut, menurut Sudirman penanganan rob juga harus dari hulu ke hilir karena berkesinambungan. (mbr/mbr)