Dua Napiter Dipindah Dari Lapas Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Senin, 28 Mei 2018 22:57 WIB
Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan -
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Pekalongan, kembali melakukan pemindahan warga binaanya, karena banjir rob. Dua warga binaannya, narapidana teroris dipindahkan di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal dan Lapas Kedungpane Kota Semarang.


Kedua napiter ini bernama Rudiyanto bin Najamudin asal Tarakan, Kalimantan dan Joko Tri Priatno asal Laweyan, Surakarta. Rudiyanto sendiri mendapat hukuman 8 tahun sejak Desember 2013 lalu. Sedangkan Joko Tri Priatno, mendapat hukuman 6 tahun penjara sejak Juni 2013.


Pemindahan napiter dilakukan petugas melalui pintu samping, sehingga luput dari pengamatan media yang telah lama menunggu.


Plt Kalapas Kelas IIA Kota Pekalongan, Buwono Ika Sutomo, pada awak media menjelaskan pihaknya telah melakukan pemindahan napiter di dua lokasi yang berbeda.


"Pemindahan narapidanan dikawal 8 petugas bersenjata lengkap ke lapas tujuan di Semarang dan Kendal," jelasnya.
Dengan dipindahkanya para napi ke sejumlah lapas atau rutan di wilayah Jawa Tengah, tercatat masih terdapat 109 warga binaan Lapas Kelas IIA Kota Pekalongan yag masih menunggu jemputan oleh lapas ataupun rutan yang dituju.


Sebelumnya warga binaan di lapas setempat berjumlah 769 narapidana, 1 diantaranya bebas dari masa tahanannya. Akibat banjir air rob yang masuk ke ruang tahanan, terpaksa dilakukan pemindahan napi ke sejumlah lapas maupun rutan di wilayah Jawa Tengah.

Ini beberapa lokasi pindahan 657 napi dari Lapas Kelas IIA di Rutan dan Lapas di Jawa Tengah yang dilakukan sejak beberapa hari ini.

1. Rutan Batang ada111 narapidana.
2. Nusakambangan ada 331 napi.
3. Rutan Salatiga ada 4 napi.
4. Lapas Slawi ada 25 napi.
5. Lapas Ambarawa ada 10 napi.
6. Lapas Kendal ada 16 napi.
7. Rutan Pemalang ada 20 napi.
8. Lapas Brebes ada 25 napi.
9. Rutan Temanggung ada 15 napi.
10. Rutan Wonosobo ada 20 napi.
11. Rutan Pekalongan ada 23 napi.
12. Rutan Jepara ada 11 napi.
13. Lapas Semarang ada 21 napi.
14. Lapas Purwokerto ada 15 napi.
15. Rutan Blora ada 10 napi.
(bgk/bgk)