Aksi May Day di Yogyakarta, Buruh Tuntut Rumah Murah

Edzan Raharjo - detikNews
Selasa, 01 Mei 2018 11:24 WIB
Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Ratusan buruh dari berbagai elemen menggelar aksi di jalan Malioboro Yogyakarta memperingati hari buruh internasional atau May Day. Salah satu tuntutannya adalah masalah rumah murah bagi kaum buruh di Yogyakarta.

Aksi ini dilakukan oleh ratusan anggota Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY). Berbagai elemen yang turun ke jalan satu persatu menggelar aksi di sepanjang jalan kawasan Malioboro.

Dalam aksi itu, ABY mengusung isu masalah perumahan bagi buruh di DIY. Harga rumah di DIY dinilai sangat tinggi yang tidak terjangkau oleh para buruh. Selain itu mereka juga menyoroti masih rendahnya UMK di DIY.

Dalam aksinya itu para buruh ada yang mengendarai sepeda motor dan berjalan kakisambil membunyikan kentongan dengan berbagai poster dan spanduk berisi tuntutannya.

"Di Yogya banyak buruh yang tidak mempunyai tempat tinggal. Kami menuntut agar negara memberikan fasilitas perumahan bagi buruh di Yogya, karena memang upahnya terendah. Sementara harga rumah mahal," kata sekjend Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) Kirnadi di jalan Malioboro Yogyakarta, Selasa (1/5/2018).

Menurutnya di Yogya memang terjadi anomali yakni upah buruh rendah tetapi harga properti mahal. Sehingga harus ada peran negara untuk subsidi atau berikan fasilitas rumah layak bagi buruh.

Terkait dengan tenaga kerja asing, menurtnya di Yogya belum ditemukan tenaga kerja asing sebagai pekerja kasar. Ada tenaga kerja asing tetapi masih sesuai dengan di level-level tertentu tidak di level pekerja kasar.

"Tetapi hal itu harus diantisipasi oleh negara agar jangan sampai ada tenaga kerja asing yang bekerja di jenis pekerjaan yang itu bisa dikerjakan tenaga kerja lokal," katanya.

Sejumlah tuntunan buruh diantaranya soal penerapan upah minimum sektoral DIY, perumahan layak bagi buruh, cabut PP 78/2015 dan Perpres TKA yang merugikan pekerja Indonesia, hapus tenaga kerja kontrak, outsourcing dan pemagangan, perbaikan sistim jaminan sosial dan lain sebagainya. Meski akasi berjalan tertib, aparat kepolisian juga tampak berjalan di sekitar tempat itu.


Tonton juga video tentang "Abang Ojol Ikutan Aksi May Day 2018" (bgs/bgs)