DetikNews
Rabu 25 April 2018, 16:48 WIB

Menhub Minta Pemudik Tidak Gunakan Sepeda Motor

Imam Suripto - detikNews
Menhub Minta Pemudik Tidak Gunakan Sepeda Motor Foto: Imam Suripto/detikcom
Tegal - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meminta agar warga yang akan mudik lebaran untuk tidak menggunakan sepeda motor. Pemerintah telah menyiapkan armada khusus untuk mengangkut warga yang akan pulang kampung.

"Pesan mudik, lakukan dengan angkutan massal jangan gunakan motor. Kita juga sudah sediakan armada cukup banyak," tegas Menteri Perhubungan usai menghadiri dialog nasional Indonesia Maju di Kota Tegal, Rabu (25/4) sore.

Menurutnya, armada yang ada cukup untuk mengangkut semua warga yang akan mudik ke kampung halaman. Pemerintah juga sudah menyediakan angkutan gratis dalam jumlah besar.

"Pada dasarnya angkutan bus itu memungkinkan. Jadi saya anjurkan bukan perintahkan supaya jangan pakai sepeda motor agar selamat sampai tujuan," ujarnya.

Anjuran agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor saat mudik, kata dia karena angka kecelakaan saat mudik banyak melibatkan roda dua. Beberapa tahun lalu, angka kecelakaan selama arus mudik dan balik didominasi oleh roda dua.

"Jadi kalau punya saudara tolong kasih tahu jangan pakai sepeda motor. Nyatanya memang data statistik kecelakaan banyak melibatkan motor," tandasnya.

Lebih lanjut ia meminta masyarakat untuk membantu selama arus mudik dsn balik. Salah satunya adalah ikut membantu menertibkan pasar tumpah, membantu kesehatan, membantu BBM dan lainnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed