DetikNews
Selasa 17 April 2018, 15:03 WIB

Gubernur Minta KPU Perhatikan Mahasiswa Luar Daerah di Yogya

Edzan Raharjo - detikNews
Gubernur Minta KPU Perhatikan Mahasiswa Luar Daerah di Yogya Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Ada ratusan ribu mahasiswa luar daerah yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang perlu mendapat perhatian dari KPU. Gubernur DIY meminta KPU agar jangan sampai mereka tidak menggunakan hak pilihnya saat Pemilu 2019 mendatang.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta KPU untuk memberikan fasilitas kemudahan bagi mahasiswa luar daerah yang akan menggunakan hak pilihnya.

"Agar difasilitas seperti 5 tahun yang lalu. Jangan sampai mereka ini tidak menggunakan hak pilihnya," kata Sri Sultan HB X saat coklit oleh KPU di Keraton Kilen, Keraton Yogyakarta, Selasa (17/4/2018).

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan bahwa ada sekitar 380 ribu mahasiswa di DIY. Dari jumlah itu lebih dari 75 persennya mahasiswa dari luar daerah. Memang pada saat Pemilu 2019 itu belum tentu mahasiswa akan kembali ke daerah masing-masing karena bukan waktu liburan.

"Kami akan permudah proses pendataan atau pencatatan yang akan memilih di Yogya," kata Hamdan Kurniawan di Keraton Kilen, Keraton Yogyakarta.

KPU DIY mengaku telah menjalin kerjasama dengan beberapa kampus untuk menfasilitasi mahasiswa. Mereka juga melakukan kegiatan agar para pemilih dari luar DIY paham prosedur apa yang dilakukan untuk memilih di DIY.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed