detikNews
Minggu 25 Maret 2018, 21:59 WIB

Pilgub Jateng 2018

Di Banyumas, Ganjar Santap Tempe Mendoan Hingga Ngevlog

Arbi Anugrah - detikNews
Di Banyumas, Ganjar Santap Tempe Mendoan Hingga Ngevlog Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Banyumas - Calon gubernur (cagub) Jawa Tengah nomor urut 1, Ganjar Pranowo hadir di Banyumas. Di tempat itu, Ganjar bersama para pendukung dan masyarakat menyantap makanan khas Banyumas tempe mendoan. Selain itu, Ganjar juga ngevlog bersama para pendukungnya.

Acara menyantap tempe mendoan bersama-sama itu disebut Njambal Mendoan. Acara deklarasi di Lapangan Patikraja, Ganjar disambut tarian Jaran Eblek dan Calung. Di tempat itu Ganjar juga menerima ucapan selamat datang berupa jaran (kuda) Eblek yang terbuat dari pelepah pisang. Hal itu sebagai simbol masyarakat menerima Ganjar sebagai warga Banyumas.

Dihadapan pendukungnya ia meminta masyarakat untuk menjaga persatuan dan tidak ikut membuat atau menyebarkan hoax. Selain itu tetap menyebarkan narasi positif serta tetap mengutamakan sopan santun.

"Saya yakin, masyarakat Banyumas yang terkenal blakasuta ini bisa menjadi contoh yang baik bagi wilayah lainnya." ungkap Ganjar, Minggu (25/3/2018).

Menurut dia, Kabupaten Banyumas, merupakan wilayah yang spesial bagi dirinya. Pada 2013 silam, kemenangan terbesar dari "bithing" nya yakni dari Kabupaten Banyumas. Karena itu konsep nasionalis religius akan tetap dipertahankan.

"Inilah ceruk yang kami miliki untuk mengulang kembali kemenangan di tahun 2018 ini. Antusias masyarakat Banyumaslah yang membuat kami bertambah semangat," jelasnya.

Dalam kunjungannya tersebut calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima surat pernyataan relawan Banyumas raya untuk mendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo- Taj Yasin dalam Pilkada 2018.

Acara juga dihadiri Ketua PDIP Banyumas, dr Budhi Setyawan serta Pimpinan Partai Pendukung seperti Ketua PPP Banyumas Gus Akom dan Ketua Partai Demokrat Banyumas Susilo Rini.

Dia mengatakan, dalam kunjungannya di seputar Kabupaten Banyumas, dirinya mengumpulkan sejumlah aspirasi dari masyarakat. Aspirasi yang masuk diantaranya terkait bidang pendidikan dan kesehatan.

"Tapi aspirasi yang dominan yakni seputar infrastruktur seperti jalan desa yang rusak meski sudah ada kepala desa. Maka dari itu, pendidikan politik sangat penting masyarakat tahu kemana mereka harus menyampaikan aspirasi tersebut." jelasnya.

Kordinator Relawan Ganjar-Yasin Banyumas, Bambang Barata Aji ( BBA) mengatakan, pihaknya telah memiliki titik-titik koordinasi relawan di seluruh kecamatan di dua kabupaten, yakni Banyumas dan Cilacap.

"Tugas relawan adalah membantu dan mendukung partai-partai politik pengusung dan pasangan calon. Karena sifatnya relawan jadi struktur juga diluar partai dan dilakukan secara gotong royong." jelasnya.
(arb/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com