DetikNews
Jumat 23 Maret 2018, 15:34 WIB

Sering Tabrakan Maut di Flyover Kretek Brebes, Ini Tuntutan Warga

Imam Suripto - detikNews
Sering Tabrakan Maut di Flyover Kretek Brebes, Ini Tuntutan Warga Aksi warga Brebes tutup flyover Kretek (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Warga di wilayah selatan Kabupaten Brebes, menggelar aksi di atas Flyover Kretek, Kecamatan Paguyangan. Mereka menuntut dibangunnya jalur penyelamatan di sekitar flyover untuk menghindari kecelakaan maut yang sering terjadi akibat rem blong.

Aksi gabungan warga dan mahasiswa itu digelar di atas flyover, Jumat (23/3/2018) siang, dengan menutup satu lajur jalan. Kendaraan yang akan melintas harus bergantian dengan sistem buka tutup. Puluhan petugas dari Polres Brebes disiagakan di lokasi aksi.

Baca juga: Sering Kecelakaan, Sekelompok Warga Brebes Duduki Flyover Kretek

Koordinator aksi, Rohmat, mengatakan warga menuntut pembangunan jalur penyelematan di sekitar flyover Kretek sebagai buangan bila ada kendaraan yang lepas kendali akibat rem blong.

Sering Trabakan Maut di Flyover Kretek Brebes, Ini Tuntutan WargaWarga menggelar aksi di atas flyover. (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Selain itu massa menuntut pelebaran jalan masuk dan keluar flyover yang dinilai sempit sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

"Kami menuntut minimal ada titik lokasi jalur penyelamatan di utara flyover. 50 meter dan 1 km dari jalan keluar flyover harus ada jalan untuk membuang kendaraan yang rem blong," ujar Rohmat.

Baca juga: Korban Tewas Truk Rem Blong di Brebes Bertambah Menjadi 6 Orang

Sering Trabakan Maut di Flyover Kretek Brebes, Ini Tuntutan WargaSalah satu warga menggambarkan sebagai korban. (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Selama ini lokasi di sekitar flyover sering terjadi kecelakaan akibat rem blong. Terakhir adalah kejadian truk muat kedelai yang lepas kendali akibat rem tidak berfungsi dan menabrak sepeda motor, mobil dan rumah. Kecelakaan ini menyebabkan 6 orang tewas dan 7 luka-luka.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed