detikNews
Kamis 22 Maret 2018, 18:16 WIB

Hari Air Sedunia, Warga Banjarnegara Punguti Sampah di Serayu

Uje Hartono - detikNews
Hari Air Sedunia, Warga Banjarnegara Punguti Sampah di Serayu Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Hari ini 22 Maret, seluruh dunia memperingati hari air. Bagaimana warga Banjarnegara memperingatinnya? Salah satunya dengan membersihkan sungai Serayu yang merupakan sungai terbesar di Kabupaten Banjarnegara.

Tepat di bawah jembatan Kenteng-Parakancanggah, puluhan warga yang tergabung dalam berbagai komunitas membersihkan berbagai sampah rumah tangga yang ada di sungai maupun di sekitarnya.

"Kegiatan ini diikuti berbagai komunitas. Seperti Forum Komunikasi Hijau, Banyu Wong, Sedulur ICB dan BPBD Banjarnegara," kata ketua Sedulur ICB Suprarpti, Kamis (22/3/2018).
Hari Air Sedunia, Warga Banjarnegara Punguti Sampah di SerayuFoto: Uje Hartono/detikcom

Ia menuturkan, kegiatan bersih sungai ini bukan untuk pertama kalinya. Sebab, ia mengaku prihatin masih banyak dijumpai sampah rumah tangga yang dibuang di Sungai Serayu. Padahal, sungai Serayu merupakan urat nadi bagi warga Banjarnegara.

"Sebelumnya kami pernah melakukan bersih-bersih sungai. Tetapi ini kembali kami lakukan dalam rangka memperingati hari air sedunia setiap 22 Maret," paparnya.

Dari hasil bersih-bersih ini, masih banyak sampah plastik, pempers dan limbah rumah tangga lainnya. Selain itu, mereka juga memasang spanduk larangan membuang sampah di sungai.

"Selain membersihkan sungai, kegiatan ini juga untuk memberikan kesadaran kepada warga agar tidak membuang sampah ke sungai. Selain itu juga mengajak kepada warga agar menjadikan sungai sebagai pusat peradaban," ujarnya.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed