DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 19:46 WIB

Kakorlantas: Jalur Mudik Lewat Tol Masih Perlu Dibenahi

Imam Suripto - detikNews
Kakorlantas: Jalur Mudik Lewat Tol Masih Perlu Dibenahi Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Lebaran tinggal beberapa bulan lagi. Jalur mudik via tol di wilayah Pantura, Brebes, Jawa Tengah masih perlu diperbaiki sehingga jalur benar-benar siap dilalui pemudik saat lebaran nanti. Beberapa diantaranya adalah banyaknya lubang jalan di sejumlah spot jalan.

Hal itu diungkapkan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa saat melakukan survei jalur mudik di Tol Gate Brebes Timur, Kabupaten Brebes, Senin (12/3/2018).

"Masih perlu dibenahi, beberapa tol di Cipali masih banyak lubang dan sekarang dalam perbaikkan dan jugadi Cikampek akan menjadi hambatan saat arus mudik karena ada pembangunan elevated Cikampek," katanya.

Menurutnya proses perbaikan diperkirakan akan selesai pada 15 hari sebelum lebaran. Kecuali untuk pembangunan perlintasan di Karangsawah, Tonjong karena tidak akan selesai pada tahun ini.

Ia menambahkan, kapasitas rest area juga akan menjadi perhatian khusus saat arus balik. Saat mudik rest area dianggap masih pada batas-batas yang bisa ditoleransi.

Ruas jalan tol mulai Pejagan hingga Semarang masih berupa penggalan- penggalan operasional dan fungsional. Tidak ada jalan darurat saat arus mudik nanti.

"Tadi dijelaskan tidak ada tol darurat. Paling atas itu kan operasional, fungsional dan kalau belum jadi atas ijin Jasa Marga, Menteri PUPR boleh dilewati itu namanya darurat seperti tahun lalu," ungkapnya.

Penggunaan ruas tol baik operasional maupun fungsional pada lebaran akan datang diprediksi akan merubah titik macet. Dari pantauan Kakorlantas titik macet mulai dari Jakarta akan berada pada Cikampek, terutama saat mudik dan balik lebaran.

"Cipali tidak ada macet, kecuali rest area pada saat balik. Brexit ada tapi hanya sedikit. Tol baru juga lancar dan diharapkan bisa menyambung sampai Krapyak Semarang," terangnya.

Sementara Direktur Operasional II PT Jasa Marga, Subakti Syukur menjelaskan, ruas tol Pejagan-Pemalang akan operasional pada sebelum lebaran. Sedangkan Pemalang-Batang dan Batang-Semarang serta Salatiga-Kartasura bersifat fungsional.

"Karena ada yang bayar dan tidak, maka akan dibangum gerbang gerbang sementara," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed