13 Pelajar di Pangandaran Positif Corona

Aldi Nur Fadillah - detikNews
Rabu, 16 Feb 2022 00:14 WIB
Sultan Ingin Jogja Lockdown, Ini Kondisi Kasus Corona di Jogja
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Pangandaran -

Sebanyak 13 pelajar dari tiga sekolah di Kabupaten Pangandaran ditemukan kasus konfirmasi positif COVID-19.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pangandaran Dodi Djubardi mengatakan data pelajar positif Corona itu terdiri sembilan orang dari dua SMP dan empat orang dari satu SD. "Ketiga sekolah tersebut akan ditutup sementara," kata Dodi, Selasa (15/2/2022).

Meski terdapat kasus positif COVID-19, PTM 100 persen di sekolah tingkat SD dan SMP di Pangandaran akan tetap dilaksanakan. Dodi menjelaskan alasan Pangandaran akan tetap menjalankan PTM 100 persen karena berpatokan pada Instruksi Dalam Negeri (Imendagri) yang menilai Pangandaran masuk PPKM Level 1.

"Sedangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tentang pembelajaran pada daerah PPKM Level 1, boleh dilakukan 100 persen dan boleh PTM terbatas," tuturnya.

Jika nanti ada tambahan pelajar yang terpapar, menurut Dodi, Pemkab Pangandaran akan evaluasi. "Penyebab utama, hasil tracing mereka kebanyakan habis pulang liburan dari Pangandaran dan pulang ke rumah langsung sakit. Terus ke sekolah, akhirnya sekelas di tracing rapid test ternyata ada lagi yang positif," ucap Dodi.

Sementara di salah satu SD, ada keluarganya yang sakit dan saat anak tersebut masuk sekolah ternyata sakit juga. "Setelah diperiksa hasil rapid test positif, lalu merebak ke temannya yang dinyatakan positif COVID-19," kata Dodi.

(bbn/mso)