Kota Bandung

134 Nakes RSHS Positif Corona

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 19:04 WIB
Virus Omicron di Indonesia Belum Terdeteksi, Ini Langkah Pencegahan Pemerintah
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Sebanyak 134 tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung positif terkonfirmasi virus Corona atau COVID-19. Selain nakes, 18 tenaga penunjang di rumah sakit ini juga ikut terpapar.

Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSHS Yana Akhmad Supriatna mengatakan seratusan nakes yang positif itu diketahui melalui hasil skrining dan tracing yang dilakukan sejak 30 Januari 2022.

"Data kami sampai kemarin dari pemeriksaan 523 dokter yang telah diperiksa, 77 orang positif. Perawat yang sudah diperiksa 440, 57 orang positif. Penunjang 47 (diperiksa), 18 yang positif," kata Yana dalam keterangan video yang diterima detikcom, Selasa (15/2/2022).

Menurut Yana, seratusan nakes yang terpapar Corona itu sedang menjalani isolasi mandiri karena mayoritas tidak bergejala. Meski banyak nakes yang terpapar Corona, pelayanan kesehatan masih berjalan normal.

"Pelayanan di kami baik Covid maupun non-Covid masih berjalan dan terkendali. Nakes yang terkena Covid umumnya itu OTG dan menjalani isoman," ujarnya.

Pihak RSHS juga belum berencana merekrut nakes tambahan. Namun, Yana tidak memungkiri jika rumah sakit akan melakukan perekrutan jika nakes yang positif semakin banyak.

"Jadi kami belum melakukan perekrutan. Tapi, kami sudah melakukan langkah soal perekrutan itu sudah disiapkan dengan berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan," tutur Yana.

Menurut dia, RSHS saat ini tengah merawat 13 pasien yang positif terpapar Corona varian Omicron. 13 pasien itu terdiri dari empat pasien lansia dan sembilan pasien dewasa.

"Untuk Omicron harus ada pemeriksaan lanjutan dari PCR yang positif. Dan kami sudah sempat melakukan pemeriksaan di internal rumah sakit dan hasilnya, 13 pasien telah terkonfirmasi omicron. Terdiri dari 4 pasien lansia dan 9 dewasa," kata Yana.

Simak Video 'Corona RI Per 15 Februari: Tambah 57.049 Kasus, Sembuh 26.747 Orang':

[Gambas:Video 20detik]



(bba/bbn)