Corona Melonjak, 20 Pasien di Cianjur Masuk Daftar Tunggu Pusat Isolasi

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 15:42 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom).
Cianjur -

Pusat isolasi COVID-19 di Kabupaten Cianjur penuh, akibat lonjakan kasus Corona beberapa pekan terakhir. Bahkan puluhan pasien COVID-19 harus rela bersabar menunggu giliran untuk bisa dirawat di pusat isolasi.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Cianjur Yusman Faisal mengatakan kapasitas pusat isolasi Bumi Ciherang sebanyak 80 orang. Saat ini keterisian mencapai 82 orang.

"Jadi sekarang kondisinya sudah overload, melebihi dari kapasitas," ujar dia, Selasa (15/2/2022).

Menurutnya saat ini pun ada sekitar 20 orang yang masuk dalam waiting list atau daftar tunggu. Untuk sementara pasien positif tersebut menjalani isolasi mandiri dan segera dibawa ke pusat isolasi jika ada pasien yang sembuh.

"Iya karena penuh, bahkan sudah overload, jadi sampai ada yang masuk daftar tunggu," tuturnya.

Yusman mengatakan untuk mengantisipasi tidak terakomodirnya pasien yang harus menjalani perawatan di pusat isolasi, Pemkab akan membuka lagi pusat isolasi di kawasan Ciloto.

"Untuk yang di Ciloto bisa menampung lebih banyak, bisa sampai 150 kamar tidur," kata dia.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan kondisi yang berbeda terjadi isolasi di rumah sakit. Menurutnya bed occupancy rate (BOR) isolasi COVID-19 hanya terisi sekitar 6 persen dari total kapasitas 400 tempat tidur.

"Hanya 24 kamar tidur di rumah sakit yang terisi untuk COVID-19. Sebab kita terapkan sistem yang berbeda dibandingkan saat awal pandemi. Jadi yang tidak bergejala isolasi mandiri, yang gejala ringan di pusat isolasi, kalau yang sudah lansia dan memiliki komorbid dirawat di RSUD," pungkasnya.

(mso/mso)