Aturan Terbaru di Tempat Ibadah Saat Bandung PPKM Level 3

ADVERTISEMENT

Kota Bandung

Aturan Terbaru di Tempat Ibadah Saat Bandung PPKM Level 3

Rifat Alhamidi - detikNews
Rabu, 09 Feb 2022 16:43 WIB
Poster
Ilustrasi (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Kegiatan di tempat peribadatan dibatasi saat Bandung PPKM Level 3. Dalam aturan terbaru, masjid, musala, gereja, pura, vihara dan klenteng wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah lonjakan COVID-19.

Dalam dokumen Peraturan Walikota (Perwal) Kota Bandung yang diperoleh detikcom, Rabu (9/2/2022), kegiatan tempat ibadah masih bisa dilakukan secara normal. Namun dengan syarat kapasitas jemaah dibatasi maksimal 50 persen saat Bandung PPKM Level 3.

Adapun aturan selanjutnya yaitu menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer di lokasi yang mudah diakses oleh jemaah, disarankan tak menggunakan karpet di lantai rumah ibadah dan melakukan pengaturan jarak minimal satu meter antarjemaah dengan diberi tanda khusus.

Kemudian mengatur jumlah jemaah untuk mempermudah jaga jarak, jemaah diimbau membawa peralatan ibadah sendiri dari rumah dan melarang Jemaah yang memiliki gejala batuk, pilek, nyeri tenggorokan hingga sesak nafas. Jemaah yang masuk ke tempat ibadah juga wajib dicek suhu.

Jika suhu tubuhnya melebihi 38 derajat Celcius dalam dua kali pemeriksaan, jemaah tak diperkenankan masuk ke tempat ibadah. Berkaitan Bandung PPKM Level 3, pemkot menyarankan kegiatan ibadah dipersingkat tanpa mengurangi kesempurnaan ibadah tersebut.

Sementara untuk jemaah, disarankan datang ke tempat ibadah dalam kondisi sehat dan tidak sedang mengalami gejala seperti di atas. Lalu membawa peralatan ibadah sendiri, menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci menggunakan air mengalir atau hand sanitizer hingga menghindari kontak fisik dengan orang lain serta menghindari menyentuh area muka.

(ral/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT