Peringatan! Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Banten-Jabar

ADVERTISEMENT

Kabupaten Lebak

Peringatan! Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Banten-Jabar

Fathul Rizkoh - detikNews
Selasa, 08 Feb 2022 19:23 WIB
Dark blue waves in the water
Foto: Getty Images/iStockphoto/AndrisBarbans
Lebak -

Wilayah perairan di Lebak Selatan berpotensi mengalami gelombang tinggi dalam waktu dekat. Hal ini diketahui dari akun media sosial Instagram BMKG atau @infobmkg.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizky Pratama membenarkan peringatan tersebut. Diperkirakan ketinggian gelombang akan mencapai lebih dari 4 meter.

"Informasi dari BMKG pada hari ini hingga besok pukul 07.00 WIB, kita menerima peringatan gelombang tinggi khsusnya di perairan selatan Banten dan Jawa Barat," ucapnya kepada awak media ditemui di kantornya, Selasa (8/2/2022).

Kata Febby, prediksi itu dapat membahayakan warga dan nelayan. Untuk itu dirinya tengah berkoodinasi kepada pihak kecamatan dan Balawista di Lebak Selatan.

"Kami meminta Balawista untuk menyiagakan personilnya di destinasi wisata. Kerap kali, wisatawan tidak mengindahkan larangan atau tanda-tanda. Kita mohon untuk teman-teman Balawista lebih tegas," ujarnya.

Lebih lanjut, Febby mengimbau kepada warga yang beraktivitas di pesisir Lebak Selatan untuk waspada. Selain itu, bagi nelayan diharapkan selalu memperhatikan arahan dari Kantor Kesyahbandaran.

"Warga yang aktivitas di pesisir Lebak Selatan untuk selalu siaga dan waspada kemungkinan gelombang tinggi. Bagi nelayan, kapal tongkang, kapal cargo untuk memperhatikan arahan dari Kesyahbandaran. Itu wajib diikuti nakhoda," tegasnya.

Terakhir, Febby juga akan monitoring perkembangan cuaca dan potensi bencana alam lainnya di wilayah Kabupaten Lebak. "Nanti diperbaharui oleh BMKG jika potensinya masih ada atau tidak," pungkasnya.

(yum/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT