ADVERTISEMENT

Kota Cirebon

Relawan Pamer Hasil Kerja Jokowi: Dari Tol 1.666 KM-27 Bendungan

Sudirman Wamad - detikNews
Minggu, 06 Feb 2022 17:57 WIB
Relawan Jokowi cirebon raya
Relawan Jokowi Cirebon Raya (Foto: Antara)
Cirebon -

Relawan Joko Widodo (Jokowi) se-Cirebon Raya pamer hasil kerja Presiden Jokowi. Hal itu disampaikan saat para relawan gelar silahturahmi di kawasan wisata Gronggong Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Penanggung Jawab Silahturahmi Relawan Jokowi Wahyudi Laeli mengatakan mengklaim tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Jokowi lebih tinggi ketimbang pemimpin negara lain. Relawan menyebut Jokowi mampu menangani pandemi COVID-19.

"Hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat mencapai 71 persen pada Desember 2021. Ini bukti apresiasi dan harapan besar masyarakat Indonesia kepada Jokowi," kata Wahyudi dalam keterangan yang diterima, Minggu (6/2/2022).

Wahyudi mengatakan pemerintahan Jokowi tetap menjalankan program pembangunan pada tahun lalu. Meski Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Seperti pembangunan di Cirebon Raya, yakni Majalengka, Kuningan, Indramayu dan Cirebon.

"Sangat merasakan hasil kerja pemerintah, sepeti manfaat dari pengerjaan bendungan, bandar udara, maupun jalan tol dan infrastruktur lain, termasuk bendungan Kuningan yang terbaru diresmikan," kata Wahyudi.

Wahyudi juga membeberkan capaian kinerja Jokowi lainnya, seperti jalan tol sepanjang 1.666 kilometer. Ia mengklaim, sejak Indonesia merdeka hingga 2014 panjang jalan tol hanya berhasil dibangun sepanjang 790,8 kilometer.

Tak hanya bicara soal tol, relawan juga menyampaikan soal keberhasilan Jokowi membangun bendungan. Sebanyak 27 bendungan berhasil dibangun selama pemerintahan Jokowi. Dan, diklaim mampu mengairi 226.290 hektare untuk peningkatan produksi padi 2 juta ton per tahun, pembangunan 1 juta hektare irigasi baru, serta pembangunan 3,5 juta hektare perbaikan irigasi.

"Presiden Jokowi selama kepemimpinannya tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi juga menjalankan berbagai program kesejahteraan untuk membantu warga masyarakat," katanya.

Wahyudi juga menjelaskan tentang sejumlah program bantuan sosial seperti KIS, PKH dan lainnya. "Selain itu dalam masa pemerintahan Jokowi juga kita menjadi saksi pengambilalihan PT Freeport Indonesia dan pengelolaan Blok Rokan," ujar dia.

Relawan mendorong agar capaian kinerja Jokowi itu diteruskan. Namun, saat disinggung mengenai dukungan relawan untuk tiga periode Jokowi, Wahyudi mengaku menyerahkan sepenuhnya kewenangan tersebut ke elit politik.

"Mengenai 3 periode atau 4 periode, dan lain-lain kita serahkan semuanya di Jakarta. Kita serahkan semua kepada elit-elit politik. Kita di sini bukan elit politik, kita juga bukan ormas politik, kita di sini hanya mempererat persaudaraan," kata Dia.

Wahyudi menegaskan relawan pada prinsipnya mendukung sikap politik Jokowi pada 2024.

(yum/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT