ADVERTISEMENT

Kabupaten Sukabumi

Minyak Goreng Curah Dijual Mahal di Pasar Palabuhanratu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 13:44 WIB
Kabupaten Sukabumi -

Satgas Pangan Polres Sukabumi sidak ke Pasar Palabuhanratu untuk melihat ketersediaan minyak goreng, Kamis (3/2/2022). Petugas menemukan pedagang yang masih menjual minyak goreng curah dengan harga mahal atau di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Pedagang bernama Iwan Darmawan beralasan minyak curah yang dijualnya masih mahal karena setok lama, sementara setok baru dengan harga sesuai ketetapan masih sulit didapat. "Ini minyak dari mana?" tanya Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah kepada Iwan.

"Dari Cibadak," ucap Iwan.

"Tahu HET kalau (minyak) curah berapa?" ujar Dedy sambil memegang plastik berisi minyak goreng dan mengatakan harga HET pemerintah Rp 11.500.

"Saya jual Rp 19 ribu modalnya Rp 18.500, kalau yang dari pemerintah kan Rp 11.500. Tapi enggak ada barangnya, kalau ini barang lama dari 10 hari yang lalu, saya beli harga lama setoknya tinggal segini. Memang harusnya kemarin turun, tapi enggak ada barang karena dari pabrik katanya belum deal sama distributor," tutur Iwan menjelaskan.

Minyak Goreng Curah Dijual Mahal di SukabumiPolisi menemukan minyak goreng curah dijual mahal di Pasar Palabuhanratu Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Iwan terpaksa menjual dengan harga tinggi untuk minyak curahnya karena modalnya malah di atas harga yang ditetapkan pemerintah. "Karena modalnya sudah Rp 18,500, kita ngabisin barang ini karena setok minyak curah belum ada. Untuk minyak (kemasan) subsidi baru dapat. Cuma kemarin katanya barang susah, dijatah lima dus harus cash juga," ujar Iwan.

Petugas kemudian menelusuri area dalam pasar. Polisi meminta pihak pengurus pasar untuk mendata penjual minyak goreng curah di pasar tersebut.

"Ketersediaan masih ada, baik yang kemasan premium dan kemasan sederhana serta curah. Cuma curah itu tinggal sedikit karena sudah lama enggak diambil karena harganya mahal," kata Dedy.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT