Soroti Aksi Demo GMBI, Plt Walkot Bandung: Enggak Perlu Anarkis

Wisma Putra, Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 17:33 WIB
Sejumlah anggota Ormas GMBI yang berunjuk rasa diamankan usai aksi yang berakhir ricuh
Polisi menangkap sejumlah orang usai insiden demo ricuh GMBI di Polda Jabar. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyayangkan aksi anarkis yang dilakukan ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) saat melakukan aksi unjuk rasa di Mapolda Jabar.

"Menyayangkan, kita harus jaga kondusifitas, itu kan penyampaian aspirasi, tentunya lewat saluran yang ada, enggak perlu anarkis," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jumat (28/1/2022).

Dia menilai seharusnya ormas menaati hukum dan menghormati aparat penegak hukum. "Apalagi itu institusi negara. Harus kita hormati," ujarnya.

Yana meminta masyarakat atau kelompok dapat menyampaikan aspirasi secara sopan dan santun. "Kalau ada aspirasi disampaikan dengan cara baik, dengan cara orang Sunda lah (sopan dan santun)," tutur Yana.

4 Anggota GMBI Karawang Ditangkap

Polisi menangkap empat anggota GMBI Karawang usai demo rusuh di Mapolda Jabar. "Ada empat anggota GMBI Karawang yang ditangkap," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo saat dihubungi melalui WhatsApp, Jumat (28/1/2022).

Sementara itu, Ketua GMBI Karawang Asep Mulyana enggan berkomentar panjang lebar saat diminta tanggapan berkaitan hal tersebut. Dia menyebut GMBI Karawang tidak ikut dalam aksi unjuk rasa di Mapolda Jabar.

"Enggak ada yang ikut bang, tapi coba saya tanya dulu dari Karawang, ada yang ikut atau enggak nanti saya kasih keterangan," ucap Asep melalui sambungan telepon.

Lihat juga video 'Ormas di Karawang Bentrok, 1 Mobil Hancur dan 2 Orang Luka':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/bbn)