Sempat Tersendat, Pembuangan Sampah ke TPA Sarimukti Kembali Normal

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 16:16 WIB
TPA Sarimukti Bandung Barat
TPA Sarimukti di Bandung Barat. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Pembuangan sampah yang diangkut dari beberapa wilayah di Bandung Raya ke kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, sempat tersendat pada Kamis (27/1).

Truk sampah dengan muatan penuh berderet di sepanjang jalan menuju TPA Sarimukti menunggu giliran membuang muatan sampah yang diangkut. Menanggapi hal tersebut, Kemitraan TPA Sarimukti Heri S Wangsa Prawira mengatakan pembuangan sampah saat ini berjalan normal dan tak ada lagi antrean truk sampah di sepanjang jalan menuju TPA Sarimukti.

"Jadi antrean kemarin itu karena di dalamnya banjir terus perataan gunungan sampahnya kan cukup lama, cuma satu ekskavator yang beroperasi," ujar Heri kepada detikcom, Jumat (28/1/2022).

Namun, setelah proses perataan gunungan sampah selesai, truk yang mengantre langsung bisa masuk dan membuang muatannya. Heri menyebut antrean truk sampah juga hanya sekitar 1 kilometer.

"Sekarang sudah normal lagi dan enggak terhambat. Kemarin juga antreannya hanya sebentar dan enggak terlalu panjang, sekitar satu kilometer," tutur Heri.

Dia menjelaskan pihaknya tengah memperbaiki beberapa unit alat berat yang biasa beroperasi meratakan gunungan sampah di TPA Sarimukti. "Memang sekarang karena unit terbatas. Jadi kalau datang truk untuk menurunkan sampah harus bergiliran untuk diratakan. Tapi diupayakan alat berat yang belum stabil, diservis dan diganti sparepart-nya," ucap Heri.

Ia memastikan tak ada lagi masalah yang mengakibatkan operasional TPA Sarimukti terganggu. "Untuk kondisi BBM sekarang aman, tapi memang ada pengurangan karena DPA daru pusat tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Cuma kita pastikan operasional aman," kata Heri menegaskan.

(bbn/mso)